Senin 28 Mar 2022 14:50 WIB

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Perut Kosong 

Mengkonsumsi makanan tepat untuk sarapan dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Teh hangat cocok untuk menemani pagi yang dingin. Mengkonsumsi makanan tepat untuk sarapan dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, salah satunya adalah minum teh.
Foto: Republika/Prayogi
Teh hangat cocok untuk menemani pagi yang dingin. Mengkonsumsi makanan tepat untuk sarapan dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, salah satunya adalah minum teh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Sarapan adalah makanan terpenting dalam sehari-hari. Sarapan dianggap sebagai makanan terpenting hari itu karena nutrisi yang kita masukkan ke dalam tubuh Anda di pagi hari memengaruhi tingkat energi untuk hari yang akan datang, tingkat insulin, metabolisme dan faktor kesejahteraan lainnya.

Dilansir dari Times Now News pada Senin (28/3/2022), mengkonsumsi makanan yang tepat untuk sarapan dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Makan yang salah dalam jumlah yang salah dapat mendatangkan masalah pada kesehatan secara keseluruhan.  

Baca Juga

Berikut lima makanan yang harus dikonsumsi saat perut kosong yaitu : 

1. Pepaya

Para ahli merekomendasikan untuk memulai hari dengan pepaya karena buah ini kaya akan serat komponen yang menjaga saluran pencernaan tetap sehat dengan mengatur pergerakan usus. Pepaya juga menyediakan fruktosa untuk energi sambil mengatur kembung dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Para ahli merekomendasikan untuk menjaga jarak 45 menit antara asupan pepaya dan sarapan untuk memberikan waktu buah ini bekerja pada tubuh.

2. Semangka

Musim panas adalah saat tubuh membutuhkan banyak elektrolit agar tetap terhidrasi sepanjang hari.  Makan semangka dengan perut kosong adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keseimbangan cairan dalam tubuh karena 90 persen buah ini terdiri dari air. Semangka juga kaya akan vitamin C, vitamin B6, likopen, dan fruktosa dan sangat rendah kalori.

3. Kacang 

Sering kali, ibu memberikan segenggam almond yang direndam di pagi hari kepada anak-anak mereka untuk meningkatkan memori dan fungsi otak. Sedikit yang disadari ketika ini meningkatkan hasil bagi kesehatan secara keseluruhan secara diam-diam. Bagi orang yang sedang melakukan program kebugaran, kacang almond almond, kenari dan buah ara yang direndam dan dikupas dapat memberikan dorongan energi dengan kandungan protein dan lemak yang melekat pada mereka.

4. Teh 

Minum teh dengan perut kosong adalah cara yang bagus untuk memulai hari.  Minuman ini baik untuk buang air besar karena nilai gizinya enzim, mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya yang menjaga perut tetap sehat. Teh juga dapat membantu membuang racun, meningkatkan metabolisme dan meningkatkan penurunan berat badan sambil mengatur hormon juga pada pasien PCOD.

5. Jus Sayuran

Jus sayuran ini mungkin tidak selezat jus buah biasa yang tinggi gula dan rendah serat. Namun, segelas jus sayuran yang mengandung kebaikan wortel, bit dan sayuran hijau bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai hari terutama bagi wanita.  Antioksidan, vitamin, serat, jus sayuran bisa bermanfaat untuk kesehatan pencernaan kulit dan rambut juga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement