UAS: Pesantren Ramadhan Ciptakan Generasi Muda Berakhlak Baik

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ani Nursalikah

Senin 28 Mar 2022 17:13 WIB

Ustadz Abdul Somad. UAS: Pesantren Ramadhan Ciptakan Generasi Muda Berakhlak Baik Foto: Republika/Putra M. Akbar Ustadz Abdul Somad. UAS: Pesantren Ramadhan Ciptakan Generasi Muda Berakhlak Baik

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Ustadz Abdul Somad mendukung Kota Padang kembali menggelar pesantren Ramadhan untuk pelajar tahun ini. Menurut UAS, pesantren Ramadhan punya banyak manfaat untuk mendidik generasi muda agar berakhlak baik.

"Pesantren Ramadhan yang dilaksanakan mudah-mudahan mampu menciptakan genarasi yang siap melanjutkan tongkat estafet negeri kita menjadi yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur," kata UAS di Padang, Senin (28/3/2022).

Baca Juga

Pesantren Ramadhan adalah kegiatan persekolahan yang dipindahkan ke masjid atau mushola selama beberapa pekan. Di situ, peserta didik diberikan pembekalan ilmu agama. Pada forum pesantren Ramadhan itu, pelajar juga dilatih untuk bisa berceramah, meningkatkan hafalan Alquran, dan lain-lain.

UAS berharap pesantren Ramadhan di Kota Padang kembali dilakukan secara normal. Sehingga selama satu bulan Ramadhan ini, ada banyak bekal ilmu agama yang dapat diberikan kepada peserta didik.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan pesantren Ramadhan di Padang akan dilaksanakan selama 20 hari. Peserta didik dapat mengikuti pesantren Ramadhan di masjid dan mushala terdekat dari rumah masing-masing.

Dinas pendidikan kata dia telah merancang kurikulum khusus untuk kegiatan pesantren Ramadhan. "Sudah ada kurikulum khusus. Tapi tidak terlalu berat," ujar Hendri.