Selasa 29 Mar 2022 05:28 WIB

Troy Kotsur, Penyandang Disabilitas Pertama Penerima Oscar

Troy Kotsur, Penyandang Disabilitas Pertama Penerima Oscar

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Troy Kotsur
Troy Kotsur

VIVA – Aktor Troy Kotsur telah membuat sejarah dengan menjadi aktor disabilitas pertama yang memenangkan Oscar sebagai aktor pendukung terbaik.

Dikutip dari Hollywood Reporter, Kotsur menang untuk perannya dalam CODA, yang memerankan nelayan Massachusetts tunarungu, Frank Rossi. 

 

Kotsur datang beberapa kali mendapatkan nominasi aktor pendukung terbaik di Gotham, Independent Spirit, Critics Choice, BAFTA, dan penghargaan Screen Actors Guild.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua panggung teater Tuli yang luar biasa di mana saya diberi kesempatan untuk mengembangkan keahlian saya sebagai seorang aktor,” kata Kotsur dalam pidato penerimaannya setelah dia menerima penghargaannya oleh pemenang aktris pendukung tahun lalu, Yuh-Jung Youn.

Kotsur adalah aktor senior dengan Deaf West, sebuah organisasi pertunjukan berbasis di LA yang memproduksi teater yang terinspirasi oleh budaya Tuli, dengan kredit yang mencakup Our Town, Spring Awakening, dan American Buffalo.

Kotsur dinominasikan dalam kategori bersama Ciarán Hinds (Belfast), Jesse Plemons (The Power of the Dog), Kodi Smit-McPhee (The Power of the Dog) dan J.K. Simmons (Menjadi Ricardos).

“Ini didedikasikan untuk komunitas Tuna Rungu. Komunitas CODA. Komunitas difabel. Ini adalah momen kita,” tutur Kotsur. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement