Rabu 30 Mar 2022 00:18 WIB

Pertanian Ukraina yang Tidak Tahu Nasibnya

Ukraina dan Rusia menyumbang sepertiga dari ekspor gandum global.

Rep: Dwina agustin/ Red: Friska Yolandha
Petani membajak lahan gandum di Desa Husakiv yang berada di bagian barat Ukraina, Sabtu (26/3/2022)
Foto: AP Photo/Nariman El-Mofty
Petani membajak lahan gandum di Desa Husakiv yang berada di bagian barat Ukraina, Sabtu (26/3/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, HORDYNIA -- Musim tanam telah tiba di Ukraina. Tanda sepatu yang tercap di tanah beku telah mencair. Hanya saja ladang keluarga Pavlovych tetap tak tersentuh.

Lebih dari seminggu yang lalu, keluarga itu mengetahui putra yang berusia 25 tahun, Roman, telah terbunuh di dekat kota Mariupol yang terkepung. Pada Selasa (29/3/2022), sang ayah, juga bernama Roman, akan berangkat berperang sendiri.

Baca Juga

"Garis depan penuh dengan orang-orang terbaik kita. Dan sekarang mereka sekarat," kata sosok ibu di keluarga Pavlovych, Maria.

Dengan kehilangan para pria dan perang yang terus terjadi, keluarga Pavlovych tidak tahu bagaimana nasib lahan yang harusnya mulai digarap. Padahal Ukraina dan Rusia menyumbang sepertiga dari ekspor gandum dan jelai global.

Kepala asosiasi pertanian regional Ivan Kilgan mengatakan wilayah Lviv barat laut dekat perbatasan dengan Polandia, yang dikenal sebagai lumbung pangan Ukraina di selatan, diminta untuk menanam semua ladang yang tersedia. Namun, wilayah tersebut tidak akan mencapai tingkat panen yang didapat sebelum perang.

"Kami berharap bisa memproduksi lebih dari 50 juta ton biji-bijian. Sebelumnya, kami memproduksi lebih dari 80 juta ton. Itu logis. Lebih sedikit lahan, kurang panen," kata Kilgan.

photo
Lumbung gandum di Desa Luki, di bagian barat Ukraina, Jumat (25/3/2022) - (AP Photo/Nariman El-Mofty)

Berdiri di gudang dingin yang berisi lebih dari 1.000 ton gandum dan kedelai, Kilgan berjanji akan mengirimkan berton-ton tepung untuk memberi makan tentara Ukraina. Dia menanam ladang seluas hampir 2.000 hektar tahun ini, naik dari sekitar 1.2000 hektar.

Tapi, Kilgan mengaku kekurangan pupuk untuk produksi tambahan yang direncanakan. Dia membutuhkan lebih dari dua kali lipat dari 300 ton pupuk yang dimiliki.

"Jika dunia menginginkan roti Ukraina, itu perlu membantu dengan ini," kata Kilgan.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres telah mendesak dunia untuk mencegah badai kelaparan dari gangguan terhadap kesulitan biji-bijian dari Ukraina. Pengiriman pasokan dari Ukraina sudah lama menjadi andalan bagi Program Pangan Dunia untuk sekitar setengah pasokan gandumnya.

Profesor di University of Illinois di Urbana-Champaign yang penelitiannya berfokus pada persimpangan makanan, air, dan perdagangan, Megan Konar, mengatakan, pasokan gandum alternatif akan lebih mahal dan menyulitkan rumah tangga miskin di tempat lain di dunia. "Gandum musim dingin adalah tanaman gandum terbesar di Ukraina dan Rusia, yang ditanam musim gugur lalu dan akan dipanen awal musim panas ini. Tanaman ini akan terpengaruh jika orang tidak bisa bekerja di ladang untuk panen," ujarnya.

Baca juga : Abramovich Muncul pada Perundingan Ukraina-Rusia di Turki

Jagung, yang ditanam di musim semi, juga akan terpengaruh jika pertempuran menghalangi petani. Dugaan ini sudah terlihat dengan kondisi ladang yang telah diserang atau dibom di bagian-bagian daerah pertumbuhan utama selatan dan tengah.

Menurut kepala departemen pertanian di wilayah Lviv Tetyana Hetman, wilayah itu terdampak sangat parah. "Kami telah didekati oleh petani dari daerah lain untuk menemukan petak tanah yang dapat mereka tanam di wilayah Lviv untuk mencoba memastikan ketahanan pangan negara," katanya.

Khawatir sulit mengisi pasokan di dalam negeri, pemerintah Ukraina membatasi ekspor gandum, millet, soba, gula, garam, gandum hitam, dan daging. Di bawah lisensi khusus, gandum, jagung, daging ayam dan telur, dan minyak bunga matahari dapat dikirim.

"Bagaimana kita bisa menabur di bawah pukulan artileri Rusia? Bagaimana kita bisa menabur ketika musuh dengan sengaja menambang ladang, menghancurkan pangkalan bahan bakar?" ujar Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan dalam pidato baru-baru ini.

Wakil Menteri Kebijakan Agraria dan Makanan Taras Vysotsky mengatakan, Ukraina memang memiliki cadangan pangan yang cukup. Hanya saja, negara itu mengkonsumsi delapan juta ton gandum per tahun dan kini memiliki sekitar enam juta ton di gudang. Ukraina juga hanya memiliki pasokan jagung untuk dua tahun, pasokan minyak bunga matahari lima tahun,dan gula yang cukup untuk 1,5 tahun. 

Baca juga : Kementerian ESDM Prediksi Kuota Pertalite Bakal Jebol Tahun Ini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement