Selasa 29 Mar 2022 22:53 WIB

Artis Dunia yang Mengalami Kerontokan Rambut Parah, Bukan Hanya Istri Will Smith

Pinkett Smith bukan satu-satunya selebritas yang terkait dengan kerontokan rambut.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Deretan artis dunia yang mengalami kerontokan rambut parah. (ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/NINA PROMMER
Deretan artis dunia yang mengalami kerontokan rambut parah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Perhelatan Academy Awards menjadi sorotan setelah terjadi insiden antara komedian Chris Rock dan pemenang Oscar Will Smith. Rock membuat lelucon tentang gaya rambut istri Will, Jada Pinkett Smith.

Rock yang menjadi pembawa acara, mengatakan bahwa Pinkett Smith bisa membintangi sekuel G.I. Jane, mengacu pada film 1997 di mana aktris Demi Moore mencukur botak kepalanya. Will Smith bereaksi keras dengan naik ke atas panggung dan menampar wajah Rock. Bintang Suicide Squad juga menyuruh sang komedian berhenti membuat lelucon tentang istrinya.

Baca Juga

Diperkirakan sepertiga wanita akan mengalami kerontokan rambut di beberapa titik dalam hidup mereka, menurut Harvard Health. Pinkett Smith bukan satu-satunya selebritas yang terkait dengan kerontokan rambut. Berikut figur publik lain yang mengalami kondisi serupa karena berbagai alasan, seperti dilansir di laman Insider, Selasa (29/3/2022):

1. Jada Pinkett Smith

photo
Jada Pinkett Smith - (EPA)

 

Pinkett Smith pertama kali berbagi tentang kondisi alopecia yang dialaminya pada 2018. Dia membahas kondisinya di acara Facebook-nya "Red Table Talk." "Itu menakutkan ketika pertama kali dimulai. Saya sedang mandi suatu hari dan kemudian hanya segenggam rambut di tangan saya," katanya di acara itu.

2. Viola Davis

photo
Viola Davis - (Reuters)

 

Dalam sebuah wawancara 2014 dengan Vulture, Viola Davis mengungkapkan telah menderita alopecia. Itu dialaminya sejak berusia 28 tahun. "Suatu hari saya terbangun, dan sepertinya saya memiliki mohawk. Bentuk besar botak di atas kepala saya," kata Davis kepada Vulture.

Stres dapat menyebabkan rambut rontok karena hormon stres dapat mencegah pembentukan sel punca yang terkait dengan pertumbuhan rambut, menurut Mayo Clinic. Dengan alopecia secara khusus, sistem kekebalan seseorang menyerang folikel rambut, hingga menyebabkan kerontokan rambut.

3. Kristin Davis

photo
Kristin Davis - (Wikipedia)

 

Pada wawancara 2017, Davis mengaku mengalami kerontokan rambut setelah melahirkan putrinya. Secara medis, kadar estrogen wanita melahirkan bisa turun, hingga menyebabkan rambut rontok, menurut American Academy of Dermatology.

"Saya tidak mengkhawatirkannya, saya memiliki anak perempuan saya, tetapi ketika saya mencoba melakukan sesuatu atau harus pergi ke suatu tempat, saya seperti, di mana rambut saya,'" kata Davis kepada WWD.

4. Keira Knightley

photo
Keira Knightley - (EPA)

 

Knightley mulai memakai wig pada 2010 setelah kerontokan rambutnya semakin parah akibat penataan rambut. Kepada InStyle UK, dia mengaku telah mengecat rambut dengan hampir setiap warna untuk film yang berbeda.

“Itu menjadi sangat buruk sehingga rambut saya benar-benar mulai rontok," kata Knightley kepada InStyle UK. Rambut rontok akibat penataan rambut, seperti traksi alopecia, dapat terjadi ketika ada tekanan fisik berulang pada folikel rambut. 

5. Tyra Banks

photo
Tyra Banks - (etonline)

 

Dalam wawancara 2011 dengan Wall Street Journal, Banks mengatakan kerontokan rambutnya terkait dengan stres. Itu dimulai ketika dia menulis bukunya, Modelland

"Kalau dipikir-pikir itu tidak sehat. Bagaimana saya bisa mengatakan ini tanpa menangis? Saya mengalami sedikit alopecia karena stres," kata Banks.

6. Selma Blair

photo
Selma Blair - (EPA)

 

Blair mengatakan kepada majalah People bahwa dia kehilangan rambutnya setelah melahirkan putranya pada tahun 2011. Rambutnya rontok dan meninggalkan beberapa bagian yang botak hingga sekitar tiga bulan pascapersalinan.

7. Naomi Campbell

photo
Naomi Campbell - (EPA)

 

Supermodel Naomi Campbell mengalami kerusakan dan kerontokan akibat penataan rambut. Campbell mengatakan sebagian besar rambutnya telah tumbuh kembali.

"Saya lebih merawat rambut saya sekarang, karena saya kehilangan semuanya dengan ekstensi," kata Campbell kepada Evening Standard

8. Amy Schumer

photo
Amy Schumer - (EPA)

 

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan The Hollywood Reporter, Schumer mengatakan bahwa dia menderita trikotilomania. Baginya setiap orang memiliki rahasia besar termasuk dirinya. "Saya bangga bahwa rahasia besar saya hanya menyakiti saya, tetapi itulah yang membuat saya malu begitu lama,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement