Warga Sumedang Turun-temurun Gelar Tradisi Gembrong Liwet Jelang Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Rabu 30 Mar 2022 21:19 WIB

Nasi liwet (ilustrasi). Warga Sumedang Turun-temurun Gelar Tradisi Gembrong Liwet Jelang Ramadhan Foto: Flickr Nasi liwet (ilustrasi). Warga Sumedang Turun-temurun Gelar Tradisi Gembrong Liwet Jelang Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- Warga Desa Citali, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat mempertahankan tradisi Gembrong Liwet yang sudah turun-temurun dilaksanakan. Tradisi ini dalam rangka mempererat persaudaraan dan membangun kebersamaan menjelang Bulan Suci Ramadhan.

"Ini (Gembrong Liwet) tradisi tahunan menjelang Ramadhan, turun-temurun," kata Pendiri Pusat Konservasi Seni Budaya Wahana Satia Sunda Sumedang juga panitia dalam tradisi Gembrong Liwet, Wawan Aldo Supriatna saat persiapan acara di Desa Citali, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Rabu (30/3/2022).

Baca Juga

Ia menyampaikan kegiatan tradisi tersebut akan dilaksanakan Kamis (31/3/2022) mulai pagi sampai selesai. Acara akan dihadiri tokoh masyarakat maupun unsur pejabat pemerintah daerah.

Kegiatan itu, kata dia, digelar secara seremonial mulai dari menurunkan alat menanak untuk nasi liwet, kemudian ada acara hiburan sambil menunggu nasi matang. "Iya besok (acaranya) selain ada acara seremonial turun kastrol, ada juga hiburan seni masyarakat sambil menunggu nasi matang, setelah matang baru acara makan bersama," katanya.

Ia menyampaikan acara tradisi Gembrong Liwet itu bertujuan mempererat silaturahim dan persaudaraan antarsesama agar semakin dekat, rukun, dan semakin peduli. "Meningkatkan toleransi dan mengurangi ego personal sehingga masyarakat merasakan suasana yang tentram dan rukun," katanya.

Jelang Ramadhan tahun ini, kata dia, menjadi momentum meningkatkan keimanan, dan bentuk syukur kepada Yang Maha Kuasa karena telah memberikan hasil bumi salah satunya padi yang dijadikan nasi liwet untuk dimakan bersama. "Nikmat dan segala apa yang telah kita nikmati dari hasil bumi yang mana padi merupakan makanan pokok masyarakat kami, sehingga menanak nasi bersama ini menjadi sebuah bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita," katanya.

Ia menambahkan kegiatan Gembrong Liwet juga akan memperhatikan protokol kesehatan karena saat ini masih pandemi Covid-19. "Prokes tetap mengingat kita masih pandemi," katanya.

Terpopuler