Rabu 30 Mar 2022 21:27 WIB

Pemkot Sukabumi Anugerahi Sapta Pesona ke Rumah Makan dan Hotel Melati

Sebanyak 24 hotel melati dan 47 rumah makan mengikuti kompetisi ini.

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Pemerintah Kota Sukabumi memberikan penghargaan Anugerah Sapta Pesona Pada Hotel Melati dan Rumah Makan di Kota Sukabumi. Langkah tersebur dilakukan agar rumah makan dan hotel melati di Sukabumi dapat menarik kunjungan wisatawan karena menerapkan sapta pesona.
Foto: istimewa
Pemerintah Kota Sukabumi memberikan penghargaan Anugerah Sapta Pesona Pada Hotel Melati dan Rumah Makan di Kota Sukabumi. Langkah tersebur dilakukan agar rumah makan dan hotel melati di Sukabumi dapat menarik kunjungan wisatawan karena menerapkan sapta pesona.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pemerintah Kota Sukabumi memberikan penghargaan Anugerah Sapta Pesona Pada Hotel Melati dan Rumah Makan di Kota Sukabumi. Langkah tersebur dilakukan agar rumah makan dan hotel melati di Sukabumi dapat menarik kunjungan wisatawan karena menerapkan sapta pesona.

Penghargaan Anugerah Sapta Pesona ini digelar di Rumah Makan Sunda Rasa Rabu (30/3/2022). Sebanyak 24 hotel melati dan 47 rumah makan mengikuti kompetisi ini.'' Penganugerahan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap para pelaku usaha pariwisata di Kota Sukabumi,'' ujar Asisten Daerah III Bidang Administrasi Setda Pemkot Sukabumi Iskandar, Rabu. Di mana penilaian ini juga diharapkan menjadi sumber pengetahuan bagi para pelaku pariwisata agar bisa menarik kunjungan wisatawan.

Baca Juga

Iskandar menerangkan keberhasilan pengembangan pariwisata ditentukan beberapa unsur-unsur yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan. Selain itu dengan cara promosi yang digencarkan, aksebilitas diperluas, mutu pelayanan dan produk pariwisata ditingkatkan.

" Yang terpenting pemberdayaan manusia yang sadar wisata berdasarkan sapta pesona dibudayakan,'' kata Iskandar. Ajang ini juga harus menjadi pengalaman dan saling banyak belajar untuk bisa meningkatkan pelayanan yang prima dan lebih baik dari sebelumnya.

Penganugerahan ini terang Iskandar menerapkan tujuh unsur Sapta Pesona dan CHSE (clean, health, safety and environment-red). Terutama penerapannya selama masa pandemi Covid-19 di hotel melati dan rumah makan yang ada di Kota Sukabumi.

'' Menilai pelaksanaan unsur-unsur sapta pesona yaitu keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahktamahan, dan kenangan serta CHSE,'' ungkap Iskandar. Elemen itu harus dilaksanakan di setiap hotel melati/rumah makan dalam rangka meningkatkan kualitas produk dan pelayanan industri pariwisata.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Tejo Condro Purnomo menambahkan, perhelatan ini ditujukan untuk memberikan apresiasi kepada hotel melati dan rumah makan yang ada di Kota Sukabumi yang telah melaksanakan tujuh konsep Sapta Pesona dan CHSE. '' Semoga menjadi daya ungkit bagi perkembangan sektor wisata di Sukabumi,'' kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement