Kamis 31 Mar 2022 06:41 WIB

Mulai Besok Maskapai Ini Kembali Beroperasi di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta

Angkasa Pura II mengaktifkan kembali Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Petugas membersihkan lantai area Terminal 1A Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (30/3/2022). PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Soekarno Hatta akan mengoperasikan kembali Terminal 1 mulai 1 April 2022
Foto: ANTARA/Fauzan
Petugas membersihkan lantai area Terminal 1A Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (30/3/2022). PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Soekarno Hatta akan mengoperasikan kembali Terminal 1 mulai 1 April 2022

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) mulai besok (Jumat, 1/4/2022) akan mengaktifkan kembali Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta. Terdapat sejumlah maskapai yang akan beroperasi di terminal tersebut. 

"Maskapai yang akan beroperasi di Sub Terminal 1A mulai 1 April ini adalah Airfast. Lalu diikuti dengan Super Air Jet mulai 6 April 2022, Sriwijaya Air Group mulai 12 April, dan AirAsia Indonesia juga mulai 12 April," kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (30/3/2022) malam. 

Baca Juga

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi memastikan saat ini AP II dan stakeholders tengah melakukan berbagai persiapan teknis. Hal tersebut dilakukam untuk memastikan operasional Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta dapat berjalan lancar dengan terpenuhinya aspek pelayanan, keamanan, dan keselamatan. 

Agus menjelaskan, pada tujuh hari terakhir, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta konsisten di atas 100 ribu orang oer hari. Bahkan, pernah juga menyentuh 140 ribu orang per hari atau sekitar 70 persen dari pergerakan penumpang harian sebelum Covid-19 yang sebanyak 200 ribu orang per hari. 

"Tren lalu lintas penerbangan yang ada ini juga menjadi latar belakang diaktifkannya kembali Terminal 1 untuk melayani keberangkatan dan kedatangan,” ujar Agus. 

Agus Haryadi menuturkan pengaktifan kembali Terminal 1 disiapkan juga untuk mendukung kelancaran Angkutan Lebaran 2022. Pada periode Angkutan Lebaran 2022, baik itu arus mudik dan arus balik adalah menjadi periode yang harus diperhatikan. 

"Pengaktifan Terminal 1 ini untuk mengakomodir dan memastikan kelancaran Angkutan Lebaran dalam,” kata Agus. 

AP II akan memastikan kesiapan personel dan fasilitas untuk aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan di Terminal 1. Sejalan dengan aktifnya Terminal 1 per 1 April 2022 maka keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta dilayani tiga terminal, yaitu melalui Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3.

Baca juga :Erick Pastikan Harga Pertalite Tetap

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement