Kamis 31 Mar 2022 15:43 WIB

Pejabat PBB: Rusia Mungkin Sudah Lakukan Kejahatan Perang di Ukraina

Rusia bisa jadi telah melakukan kejahatan perang dengan membunuhi warga sipil.

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
 Markas besar pemerintah daerah Mykolaiv, Ukraina, menyusul serangan Rusia, Selasa, 29 Maret 2022. Rusia bisa jadi telah melakukan kejahatan perang dengan membunuhi warga sipil. Ilustrasi.
Foto: AP/Petros Giannakouris
Markas besar pemerintah daerah Mykolaiv, Ukraina, menyusul serangan Rusia, Selasa, 29 Maret 2022. Rusia bisa jadi telah melakukan kejahatan perang dengan membunuhi warga sipil. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,JENEWA - Rusia bisa jadi telah melakukan kejahatan perang dengan membunuhi warga sipil dan menghancurkan rumah sakit di kota-kota Ukraina. Demikian kata pejabat tinggi HAM PBB saat mengeluarkan kecaman paling keras atas konflik tersebut, Rabu (30/3/2022).

Ketika berbicara di hadapan Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jenewa, Komisioner Tinggi HAM Michelle Bachelet mendesak Rusia menghentikan invasi mereka. "Rumah dan gedung-gedung pemerintah, rumah sakit dan sekolah, fasilitas pasokan air, dan sistem kelistrikan tidak luput," katanya.

Baca Juga

"Serangan membabi buta dilarang dalam hukum kemanusiaan internasional dan sama saja dengan kejahatan perang," imbuhnya.

Bachelet mengaku, kantornya menerima laporan kredibel yang mengungkapkan  pasukan Rusia menggunakan bom klaster di daerah penduduk setidaknya 24 kali. Kantornya juga sedang menyelidiki dugaan penggunaan bom klaster oleh Ukraina.

Rusia membantah memakai senjata semacam itu atau menargetkan warga sipil sejak apa yang disebutnya sebagai "operasi khusus", untuk melucuti senjata dan menghilangkan pengaruhi Nazi di negara tetangganya, diluncurkan pada 24 Februari. Bachelet mengatakan bahwa kantornya, yang menerjunkan hampir 60 pemantau PBB di Ukraina, telah memverifikasi 77 insiden hancurnya fasilitas medis, termasuk 50 rumah sakit.

Segudang Tudingan

Utusan HAM Amerika Serikat Michele Taylor mengaku dirinya merasa sangat khawatir atas sejumlah laporan penculikan yang dilakukan pasukan Rusia, termasuk sedikitnya tiga wali kota dan pemulangan paksa warga sipil. "Sudah jelas bahwa Presiden Putin ingin sekali meluluhlantakkan kota-kota Ukraina," kata Duta Besar Inggris Simon Manley menambahkan.

Dalam pidatonya, Bachelet juga menyampaikan keprihatinan atas video yang beredar di media sosial yang memperlihatkan interogasi tawanan perang oleh pasukan Ukraina dan Rusia. Sekretaris pertama pada misi Rusia untuk PBB di Jenewa Yaroslav Eremin menuding pasukan Ukraina melakukan pelanggaran.

Ia menuduh pasukan negara itu telah menyiksa tahanan, memanfaatkan warga sebagai tameng di Mariupol, dan membunuh 21 warga sipil dengan bom klaster di Donetsk. "Menurut tayangan yang beredar di publik, warga Rusia yang tak bersenjata ditembak di bagian tempurung lutut, kepala mereka dibungkus dengan tas plastik dan beberapa di antaranya tidak sadarkan diri," katanya.

"Semua aksi keji terhadap warga sipil ini dilakukan dengan menggunakan senjata yang dipasok dari negara-negara Barat," imbuh Bachelet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement