Kamis 31 Mar 2022 17:41 WIB

Persipura Resmi Degradasi ke Liga 2

Persipura kalah saing dari PSS Sleman dan Barito Putera yang punya poin sama.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Persipura Jayapura Yohanes Ferinando Pahabol.
Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha
Pesepak bola Persipura Jayapura Yohanes Ferinando Pahabol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persipura Jayapura harus terdegradasi ke Liga 2. Sebenarnya, Persipura menang 3-0 atas Persita Tangerang pada laga pamungkas BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Kamis (31/3/2022) sore WIB. Namun kemenangan Mutiara Hitam itu tidak menyelematkan mereka dari degradasi karena poin mereka kini, 36 tak cukup menyelematkan posisi di jurang degradasi.

Mutiara Hitam memberikan inisiatif serangan ke lini pertahanan Persita di menit-menit awal pertandingan. Peluang langsung tercipta di menit pertama ketika mereka berhasil masuk ke area penalti, namun kiper Rendy Oscario berhasil mengamankan bola. 

Baca Juga

Persita mendapat peluang dari situasibola mati ketika pelanggaran dilakukan di depan kotak penalti. Cardoso yang mengambil alih tendangan bebas berhasil mengangkat bola ke tiang dekat, namun itu masih meleset sedikit di atas mistar gawang. 

Persipura terus menggempur pertahanan Persita. Peluang terjadi ketika Persipura melepaskan dua tembakan tepat sasaran percobaan dari Fergonzi dan Pahabol di menit ke-13 tapi dua peluang itu berhasil dihentikan oleh Rendy dan hanya menghasilkan tendangan sudut. 

Persipura akhirnya memimpin di menit ke-30 melalui gol yang diciptakan oleh Pahabol. Berawal dari umpan Elisa Basna memberikan umpan ke Pahabol di sisi kanan kotak penalti dan melakukan aksi individu sebelum melepaskan tembakan ke tiang dekat. Skor sementara 1-0 untuk Persipura. 

Persita berusaha memberikan ancaman ke gawang Persipura. Beberapa percobaan berhasil menyulitkan pertahanan Persipura. Tapi belum ada upaya yang berhasil membuahkan gol bagi Pendekar Cisadane. 

Persipura menambah keunggulan di menit ke-32 melalaui gol yang diciptakan oleh Yevhen Bokhashvili dengan memanfaatkan kemelut di depan gawang Persita. Dengan satu sentuhan memutar sebelum melepaskan tembakan, Yevhen berhasil membobol gawang Rendy dan membawa Persipura unggul 2-0. 

Persita akhirnya berhasil membobol gawang Persipura di menit ke-41. Berawal dari umpan Cardoso ke tengah kotak penalti yang berhasil disambut oleh Sin Yeong dengan sontekan ke gawang Persipura, tapi hakim garis sudah mengangkat benderanya. Skor tetap 2-0 untuk Persipura hingga turun minum. 

Persipura masih terus menekan pertahanan Persita dan hampir menambah keunggulan mereka di menit ke-55. Berawal dari umpan Elisa Basna dari sisi kanan ke tengah gawang berhasil diterima oleh Yevhen di mulut gawang Persita namun ia gagal bertindak cepat untuk melesakkan bola ke gawang. 

Peluang kembali dimiliki Persipura di menit ke-72 saat Pahabol melakukan penetrasi ke area kotak penalti Persita dan melepaskan umpan tarik kepada Fergonzi yang berdiri bebas di area kotak penalti. Namun, sepakannya berhasil diamankan oleh Rendy. 

Peluang terbaik dimiliki Persita di menit ke-79 saat Kasim Botan menerima umpan dari M Toha di depan gawang. Namun ia mendapat gangguan dari bek Persipura sehingga gagal memaksimalkan peluang emas tersebut. Sejurus kemudian, Persita malah semakin tertinggal. 

Persipura berhasil memperlebar keunggulan melalui gol yang diciptakan oleh Fergonzi ketika menyelesaikan umpan dari Gunansar Mandowen. Fergonzi dengan tenang menyelesaikan umpan dengan tembakan terukur ke gawang untuk membawa Persipura unggul 3-0. 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement