Kamis 31 Mar 2022 19:15 WIB

Tuah Rahmad Darmawan; Bawa Rans ke Liga 1, Kini Selamatkan Barito Putera dari Degradasi

RD menjadi pelatih yang memimpin tiga tim selama satu musim ini.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih senior Tanah Air, Rahmad Darmawan.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pelatih senior Tanah Air, Rahmad Darmawan.

REPUBLIKA.CO.ID, BALI -- Rahmad Darmawan berhasil membuat Barito Putera bertahan di Liga 1 usai menahan imbang Persib Bandung. Gol Beckham Putra Nugraha berhasil dibalas gol Beni Oktovianto di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (31/3/2022). 

RD, sapaan Rahmad menjadi pelatih yang memimpin tiga tim selama satu musim ini. Mengawali musim 2021/2022 bersama Madura United, RD hengkang dan membawa Rans Cilegon promosi ke Liga 1 hingga akhirnya membuat Barito Putera bertahan di kasta tertinggi. 

Baca Juga

"Anugerah buat saya karena dalam satu musim kompetisi saya latih tiga klub, Madura United, Rans Cilegon dan Barito Putera, semua punya tantangan yang berbeda," kata RD usai laga. 

RD mengakui situasi di lapangan bisa membantunya membawa Rans Cilegon dan Barito Putera ada di Liga 1 musim depan. RD melihat ada tantangan berbeda dari ketiga tim itu yang membuatnya bisa berjuang. 

"Semua punya situasi yang sangat membantu saya untuk terus berkompetisi, saya sangat suka dengan tantangan, kenapa waktu selesai dengan Rans saya terima tantangan dari Barito Putera," kata RD. 

"Walaupun kita tahu sama-sama tidak mudah tapi kita tahu ini challenging buat saya dan Tuhan kasih saya rezeki lagi dan saya harus bersyukur karena bersama Rans bisa lolos dan Barito Putera bisa bertahan di Liga 1," kata RD.

Ditanya soal rencananya mendatang, RD memilih untuk beristirahat lebih dulu. RD bahkan enggan menyebutkan rencananya di musim depan.  

"Untuk musim ke depan saya masih terus melatih, soal melatih dimana, saya mau istirahat seminggu, mau sama keluarga dulu sama seperti puasa pertama sama keluarga," kata RD. 

Atas hasil imbang tersebut Barito Putera selamat dari degradasi dengan raihan 36 poin. Barito Putera unggul head to head dari Persipura yang dipastikan degradasi dengan poin yang sama. 

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement