Jumat 01 Apr 2022 01:35 WIB

Vaksin mRNA Bisa Bersihkan Virus SARS-CoV-2 pada Kasus Persisten

Orang yang susah negatif Covid-19 bersih dari virus setelah terima vaksin mRNA.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Orang yang susah negatif Covid-19 bersih dari virus setelah terima vaksin mRNA.
Foto: PxHere
Orang yang susah negatif Covid-19 bersih dari virus setelah terima vaksin mRNA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah laporan kasus baru yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Immunology telah menyajikan deskripsi pertama dari vaksin mRNA COVID-19 yang digunakan untuk mengobati pasien infeksi SARS-CoV-2 yang persisten. Pasien immunocompromised, yang berulang kali di tes positif SARS-CoV-2 selama lebih dari enam bulan, akhirnya bisa membersihkan virus dari tubuh setelah dua dosis vaksin mRNA.

Infeksi virus biasanya ditandai sebagai akut atau kronis. Infeksi virus kronis, seperti herpes atau virus Epstein-Barr, seringkali tidak terdeteksi untuk jangka waktu yang lama. Virus dapat tertidur selama bertahun-tahun, kadang-kadang mengaktifkan kembali dan menyebabkan gejala fisiologis dan gelombang baru penularan.

Baca juga : Dinkes: Permintaan Vaksin Penguat Meningkat Setelah Jadi Syarat Mudik

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, mereka yang memiliki sistem kekebalan lemah dapat mengalami infeksi virus kronis yang dikenal sebagai infeksi persisten. Dalam kasus ini, virus dapat tetap aktif secara akut selama berbulan-bulan dan pasien secara konsisten mengalami gejala negatif serta melepaskan partikel virus yang menular.

Dan kini, untuk pertama kalinya vaksinasi mRNA digunakan untuk membersihkan infeksi Covid-19 yang persisten. Sebuah studi baru dari para peneliti Inggris melaporkan kasus seorang pria berusia 37 tahun bernama Ian Lester yang mengalami infeksi SARS-CoV-2 yang persisten, secara konsisten memberikan tes PCR positif selama 218 hari. Lester memiliki penyakit genetik langka yang disebut sindrom Wiskott-Aldrich, dan awalnya ia menunjukkan gejala COVID-19 yang sangat ringan.

“Meskipun kebanyakan orang bisa berhenti isolasi setelah 10 hari tertular virus, saya tidak begitu. Setiap melakukan tes saya kembali positif, berulang kali. Berbulan-bulan berlalu, yang terasa seperti seumur hidup tidak bisa pergi kemanapun dan bertemu teman atau keluarga,” kata Lester seperti dilansir New Atlas, Kamis (31/3/2022).

Seiring waktu, gejala Lester memburuk saat ia kembali mendapat tes PCR positif setiap dua minggu. Tes darah lima bulan setelah infeksi menunjukkan tidak ada antibodi SARS-CoV-2, yang menunjukkan sistem kekebalannya sama sekali tidak menanggapi virus corona yang menyerang. Stephen Jolles, pemimpin klinis di Universitas Cardiff, berpikir sudah waktunya untuk mencoba pengobatan yang lebih eksperimental.

Baca juga : Booster Kedua Vaksin Covid-19, Apa Perlunya?

“Mengingat tes PCR positif yang terus-menerus dan berdampak pada kesehatan dan kesehatan mentalnya, kami memutuskan pendekatan terapeutik yang unik. Kami bertanya-tanya apakah vaksinasi terapeutik dapat membantu membersihkan virus dengan menginduksi respons imun yang kuat di dalam tubuh,” kata Jolles.

Tim memberi Lester dua dosis vaksin mRNA COVID-19 Pfizer, yang dipisahkan sekitar empat minggu. Dalam 14 hari dari pengujian PCR dosis pertama menunjukkan penurunan yang nyata dalam volume materi virus yang dikumpulkan setiap swab nasofaring. Sekitar enam minggu setelah dosis kedua, Lester dites negatif terhadap SARS-CoV-2 untuk pertama kalinya selama 218 hari.

“Itu adalah momen yang cukup mencengangkan,” kata Mark Ponsford, dokter lain yang menangani kasus ini.

“Sepengetahuan kami, ini adalah pertama kalinya vaksinasi mRNA digunakan untuk membersihkan infeksi COVID-19 yang persisten. Yang penting, vaksin ditoleransi dengan baik oleh pasien dan berhasil menginduksi antibodi yang kuat dan respons sel-T. Ini luar biasa mengingat tanggapan Ian terhadap vaksinasi konvensional di masa lalu sangat terbatas,” tambah dia.

Baca juga : Ketua Satgas Jelaskan Aturan Mudik Aman Covid-19

Studi kasus adalah contoh menarik tentang bagaimana vaksin mRNA dapat digunakan untuk tujuan terapeutik dengan pendekatan profilaksis yang lebih tradisional. Vaksin terapeutik dapat membantu mendorong sistem kekebalan untuk menargetkan penyakit yang sudah ada sebelumnya dan banyak penelitian saat ini difokuskan pada vaksin terapeutik untuk menargetkan berbagai jenis kanker. Studi baru ini diterbitkan dalam Journal of Clinical Immunology.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement