Jumat 01 Apr 2022 19:07 WIB

Masjid dan Tempat Makan Diberi Kelonggaran, Gibran Larang Bukber dan Open House

Pelaksanaan shalat Tarawih di Solo diberi kelonggaran

Red: Nur Aini
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Pemkot Solo
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah memberikan sejumlah kelonggaran aktivitas bagi masyarakat selama Ramadhan menyusul jumlah kasus Covid-19 yang mulai turun dalam beberapa waktu terakhir.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jumat (1/4/2022), mengatakan salah satu pelonggaran, yakni dalam pelaksanaan Shalat Tarawih.

Baca Juga

"Monggo, silakan di masjid masing-masing, yang penting jaga jarak dan pakai masker ya. Agak berkerumun sedikit nggak apa-apa, yang penting prokes dijaga," katanya.

Mengenai pembatasan jumlah anggota jamaah di setiap tempat ibadah selama Tarawih, dikatakannya, akan ada pelonggaran yang diberikan. "Biasanya Tarawih pertama ramai ya, kami agak melonggarkan nggak apa-apa yang penting pakai masker," katanya.

Selain itu, tempat makan juga tetap dipersilakan untuk beroperasi selama Ramadhan, termasuk juga penjual takjil atau makanan berbuka puasa. "Penjual takjil banyak ora po-po (tidak apa-apa). Untuk yang jual takjil yang penting prokesnya, kalau jualan maskernya dipakai terus. Kalau bisa makanan kondisi siap saji dan tertutup," katanya.

Meski demikian, ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan buka bersama terlebih dahulu. Selain itu, open house atau tradisi menerima tamu saat Lebaran juga tidak diperkenankan.

"Buka bersama (Bukber) nggak boleh, open house nggak boleh juga ya," katanya.

Ia meminta masyarakat agar segera mengikuti vaksinasi penguat agar kekebalan tubuh meningkat. "Jangan lupa vaksin booster (penguat), ini sudah mendekati 40 persen (capaian vaksinasi penguat di Solo). Sebelum mudik ndang booster," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement