Ahad 17 Apr 2022 13:34 WIB

3 Inovasi Umat Islam yang Inspirasi Dunia

Banyak orang Islam yang melahirkan inovasi gemilang.

Red: Joko Sadewo
Foto: republika
Inovasi Islam yang menginspirasi dunia

REPUBLIKA.CO.ID, 3 Inovasi Umat Islam yang Inspirasi Dunia

Di Abad Pertengahan, dunia menapaki masa kejayaan. Begitu banyak orang Islam yang melahirkan karya gemilang. 

Tak hanya di bidang sains, tapi juga di banyak bidang lainnya seperti sastra, musik, kuliner, dan sebagainya.  Apa saja temuan itu? Berikut tiga di antaranya:

>Aljabar

Aljabar merupakan salah satu sumbangan besar dari zaman keemasan Islam bagi era modern. Ilmu ini lahir dari seorang ilmuwan besar dan ahli matematika, Muhammad bin Musa al Khawarizmi. Dia adalah cendekiawan Muslim yang hidup pada 780 M-850 M di Persia dan Irak. Kitab monumentalnya, Al Kitab Al Mukhtasar Fi Hisab Al Jabr Wa I Muqabala, al Khawarizmi menuliskan prinsip-prinsip dasar rumus aljabar. Karya-karyanya  terus digunakan sebagai referensi pelajaran matematika di berbagai universitas di Eropa selama ratusan tahun.

>Kamera

Ibnu al Haytham hidup pada abad ke-11, Ibnu al Haytham. Ibnu al Haytham berhasil mengembangkan ilmunya di bidang optik dan menggambarkan bagaimana kamera pertama kali bekerja. Di Barat lebih dikenal dengan nama Alhazen. Adalah seorang ilmuwan Islam yang ahli dalam bidang sains, falak, matematika, geometri, pengobatan, dan filsafat.  

>Universitas 

Universitas pertama kali didirikan pada 859 M oleh Fatima Al Fihri di Kota Fes, Maroko. Konsep pendidikan ini pun menyebar hingga ke Eropa melalui Muslim di Spanyol. Akhirnya, pada abad ke-11 dan ke-12, berdiri Universitas Bologna di Italia dan Oxford.  

Pengolah: Nashih 

Republika/berbagai sumber

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement