Pemotongan Sapi di Padang Meningkat Mulai Ramadhan

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ani Nursalikah

Ahad 03 Apr 2022 20:57 WIB

Ilustrasi. Petugas memotong daging kurban di Rumah Potong Hewan (RPH). Pemotongan Sapi di Padang Meningkat Mulai Ramadhan Foto: Republika/Thoudy Badai Ilustrasi. Petugas memotong daging kurban di Rumah Potong Hewan (RPH). Pemotongan Sapi di Padang Meningkat Mulai Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat mengatakan terlihat peningkatan jumlah pemotongan hewan begitu memasuki Ramadhan.

Syahrial menyebut pada hari biasa, sebanyak 15 sampai 25 ekor sapi dipotong di rumah pemotongan hewan (RPH) Kota Padang. Kini jumlahnya meningkat menjadi 30 sampai 35 ekor sapi setiap hari.

Baca Juga

"Terjadi peningkatan sejak memasuki bulan suci Ramadhan 1443 H karena kebutuhan masyarakat meningkat," kata Syahrial, Ahad (3/4/2022).

Ia menyebut peningkatan jumlah hewan yang dipotong setiap harinya di RPH Kota Padang sudah terjadi sejak H-7 Ramadhan. Menurut Syahrial, para pedagang sapi jauh-jauh hari sudah menyetok daging untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

"Biasanya para pedagang sudah berjaga-jaga sejak H-7 jelang puasa untuk menyediakan sapi yang dipotong. Karena mendekati puasa, permintaan daging akan meningkat,” ujar Syahrial.

Ia menambahkan untuk mengantisipasi lonjakan pemotongan sapi, RPH telah menyiapkan sarana dan prasarana agar di saat pemotongan melebihi kapasitas tetap bisa berjalan dengan lancar. Pemkot Padang berharap harga sapi tetap stabil agar masyarakat tidak terbebani.

Terpopuler