Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Ozon Mungkin Memanaskan Planet Ini Lebih dari yang Kita Sadari

Info Terkini | Monday, 04 Apr 2022, 09:17 WIB
image: Space.com

Ozon di atmosfer ditemukan telah melemahkan salah satu mekanisme pendinginan utama Bumi

Ozon mungkin melemahkan salah satu mekanisme pendinginan terpenting di Bumi, menjadikannya gas rumah kaca yang lebih signifikan daripada yang diperkirakan sebelumnya, menurut penelitian.

Sebuah studi baru telah mengungkapkan bahwa perubahan tingkat ozon di atmosfer atas dan bawah bertanggung jawab atas hampir sepertiga dari pemanasan yang terlihat di perairan laut yang berbatasan dengan Antartika pada paruh kedua abad ke-20.

Pemanasan yang dalam dan cepat di Samudra Selatan mempengaruhi perannya sebagai salah satu wilayah utama untuk menyerap panas berlebih saat planet ini menghangat.

Sebagian besar pemanasan ini adalah hasil dari peningkatan ozon di atmosfer yang lebih rendah. Ozon - salah satu komponen utama kabut asap - sudah berbahaya sebagai polutan, tetapi penelitian menunjukkan itu mungkin juga memainkan peran penting dalam mendorong perubahan iklim di tahun-tahun mendatang.

Dr Michaela Hegglin, Associate Professor di bidang kimia atmosfer dan salah satu penulis studi tersebut, mengatakan: "Ozon yang dekat dengan permukaan bumi berbahaya bagi manusia dan lingkungan, tetapi penelitian ini mengungkapkan hal itu juga memiliki dampak besar pada kemampuan laut untuk menyerap kelebihan. panas dari atmosfer.

"Temuan ini membuka mata dan menekankan pentingnya mengatur polusi udara untuk mencegah peningkatan kadar ozon dan suhu global yang terus meningkat."

Penelitian baru oleh tim ilmuwan internasional, dan dipimpin oleh University of California Riverside, diterbitkan di Nature Climate Change.

Tim menggunakan model untuk mensimulasikan perubahan tingkat ozon di atmosfer atas dan bawah antara tahun 1955 dan 2000, untuk mengisolasi mereka dari pengaruh lain dan meningkatkan pemahaman yang saat ini buruk tentang dampaknya terhadap penyerapan panas Samudra Selatan.

Simulasi ini menunjukkan bahwa penurunan ozon di atmosfer bagian atas dan peningkatan atmosfer bagian bawah keduanya berkontribusi terhadap pemanasan yang terlihat di 2 km atas perairan laut di garis lintang tinggi dengan peningkatan gas rumah kaca secara keseluruhan.

Mereka mengungkapkan bahwa peningkatan ozon di atmosfer yang lebih rendah menyebabkan 60% dari keseluruhan pemanasan yang disebabkan oleh ozon yang terlihat di Samudra Selatan selama periode penelitian - jauh lebih banyak daripada yang diperkirakan sebelumnya. Ini mengejutkan karena peningkatan ozon troposfer terutama dianggap sebagai pemaksaan iklim di belahan bumi utara karena di sanalah polusi utama terjadi.

Ozon menjadi berita utama pada 1980-an ketika sebuah lubang ditemukan di lapisan ozon yang tinggi di atmosfer di atas Kutub Selatan, karena kerusakan yang disebabkan oleh chlorofluorocarbons (CFC), gas yang digunakan dalam industri dan produk konsumen.

Lapisan ozon sangat penting karena menyaring radiasi ultraviolet yang berbahaya dari mencapai permukaan bumi. Penemuan ini mengarah pada Protokol Montreal, sebuah perjanjian internasional untuk menghentikan produksi CFC.

Dr Hegglin mengatakan: "Kami telah mengetahui untuk sementara bahwa penipisan ozon yang tinggi di atmosfer telah mempengaruhi iklim permukaan di Belahan Bumi Selatan. Penelitian kami telah menunjukkan bahwa peningkatan ozon di atmosfer yang lebih rendah karena polusi udara, yang terjadi terutama di Belahan Bumi Utara. dan 'kebocoran' ke Belahan Bumi Selatan, merupakan masalah serius juga.

"Ada harapan untuk menemukan solusi, dan keberhasilan Protokol Montreal dalam mengurangi penggunaan CFC menunjukkan bahwa tindakan internasional mungkin dilakukan untuk mencegah kerusakan pada planet ini."

Ozon dibuat di bagian atas atmosfer melalui interaksi antara molekul oksigen dan radiasi UV dari matahari. Di atmosfer yang lebih rendah, itu terbentuk karena reaksi kimia antara polutan seperti asap knalpot kendaraan dan emisi lainnya.

Perubahan konsentrasi ozon di atmosfer mempengaruhi angin barat di Belahan Bumi Selatan serta menyebabkan kontras kadar garam dan suhu yang dekat dengan permukaan di Samudra Selatan. Keduanya mempengaruhi arus laut dengan cara yang berbeda, sehingga mempengaruhi penyerapan panas laut.

(Materials provided by University of Reading)

***

Solo, Senin, 4 April 2022. 8:57 am

'salam hangat penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image