Senin 04 Apr 2022 14:34 WIB

Pemprov DKI Ajak Publik Bahas Usulan RUU Kekhususan Jakarta

RUU Kekhususan Jakarta nantinya diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Asisten Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko.
Foto: Muhamad Ubaidillah
Asisten Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membahas sejumlah usulan untuk Rancangan Undang-Undang (RUU) Kekhususan Jakarta sebagai persiapan setelah Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota negara (IKN). "Kami sudah lakukan sejumlah workshop di lingkungan Pemprov untuk membahas substansi usulan RUU Kekhususan Jakarta," kata Asisten Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko di Jakarta, Senin (4/4/2022).

Ada delapan sektor dalam substansi usulan RUU Kekhususan Jakarta, yakni mobilitas dan logistik, ekonomi, investasi dan tata ruang, kesejahteraan masyarakat. Kemudian, fiskal, lingkungan, politik dan pemerintahan, ekonomi digital dan kesiapan serta tim penunjang. Sigit menjelaskan, Pemprov DKI sudah membentuk tim perumus internal dalam kelompok kerja yang nantinya usulan RUU Kekhususan Jakarta diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri.

Sigit menambahkan, masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam mengawal perjalanan usulan RUU Kekhususan Jakarta. Untuk itu, laman resmi jakartakedepan.jakarta.go.id dihadirkan demi memberikan akses layanan publik secara daring. Sehingga publik dapat mengikuti proses dan perkembangannya.

Sigit menjelaskan, ada tiga kanal yang dapat diakses, yakni Sampaikan Aspirasimu, diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin memberikan masukan dan harapan singkat bagi Jakarta ke depan setelah tidak lagi sebagai Ibu Kota. Kanal kedua, Isi Survei terkait perpindahan Ibu Kota baru maupun pendapatnya tentang Jakarta. Terdapat saran, harapan dan ekspektasi untuk Jakarta di masa mendatang.

Kanal ketiga, yakni Kenali Jakarta sehingga masyarakat dapat mempelajari lebih lanjut serta mengikuti proses perkembangan pembahasan RUU Kekhususan Jakarta. Selain itu, terdapat informasi terkait berbagai potensi Jakarta jika tak lagi menjadi Ibu Kota, hingga sejarah panjang Kota Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement