Warga Makkah Kenang Meriam Ramadhan Terakhir Berdentum 8 Tahun Lalu

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah

Senin 04 Apr 2022 18:02 WIB

Tradisi menembakkan meriam saat Ramadhan di Arab Saudi terakhir berlangsung 8 tahun lalu. Warga Makkah Kenang Meriam Ramadhan Terakhir Berdentum 8 Tahun Lalu Foto: Arab News Tradisi menembakkan meriam saat Ramadhan di Arab Saudi terakhir berlangsung 8 tahun lalu. Warga Makkah Kenang Meriam Ramadhan Terakhir Berdentum 8 Tahun Lalu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap menjelang Ramadhan, penduduk Makkah mengenang penembakan meriam sebagai tanda berbuka puasa, sebuah tradisi yang berakhir delapan tahun lalu.

Dilansir dari Arab News pada Senin (4/4/2022), selama bertahun-tahun, penduduk berbuka puasa dengan kurma dan air zamzam setelah mendengar suara khas meriam yang ditembakkan di awal sholat maghrib.

Baca Juga

Seorang peneliti sejarah Makkah Ahmed Saleh Halabi mengatakan sumber sejarah menunjukkan gagasan itu tidak direncanakan dan pertama kali terjadi di Kairo, Mesir. "Ada beberapa narasi seputar asal usul tradisi ini," kata Ahmed.

Beberapa sejarawan mengklaim saat matahari terbenam pada hari pertama Ramadhan tahun 865, Sultan Mamluk Khosh Qadam ingin menguji meriam baru yang dia terima. Pertama kali ditembakkan bertepatan dengan sholat maghrib, membuat penduduk setempat percaya suara itu menandakan berbuka puasa. Mereka menyambut praktik baru tersebut dan meriam kemudian ditembakkan setiap hari, juga untuk menandai dimulainya sahur dan imsak.

 

"Satu narasi mengatakan kemunculan meriam itu secara kebetulan dan sama sekali tidak dimaksudkan untuk digunakan untuk tujuan itu. Beberapa tentara sedang membersihkan salah satu meriam dan sebuah peluru meledak di langit Kairo. Itu terjadi pada waktu maghrib pada suatu hari Ramadhan," kata dia.

 

Sumber lain mengklaim tradisi dimulai melalui putri Qadam, yang mendengar tembakan meriam yang tidak disengaja. Orang-orang mengira pemerintah telah memperkenalkan tradisi baru untuk mengumumkan akhir puasa dan mereka mulai membicarakannya. 

Fatima, putri Qadam, mengetahui apa yang terjadi dan menyukai gagasan itu. Dia kemudian mengeluarkan surat keputusan yang memerintahkan penggunaan meriam pada waktu maghrib, imsak dan pada hari-hari libur resmi.

"Orang-orang mengira itu adalah cara baru mengumumkan akhir puasa. Oleh karena itu, meriam itu dinamai menurut nama sang putri," kata dia.

 

Kedua narasi menunjukkan meriam Ramadhan muncul untuk pertama kalinya di Kairo, menjadi suara tradisional yang menandakan akhir puasa. Di Makkah, sebuah gunung terkenal yang disebut gunung Cannon terletak di utara Masjidil Haram. Meluas ke gunung Quaqian, yang dikenal sebagai salah satu gunung Al-Akhshabayn di Makkah.

Meriam kota yang ada terletak di area kecil sekitar 10 meter persegi menghadap ke lingkungan Jarwal.  Itu telah berada di kaki bukit Makkah selama 100 tahun dan suaranya terdengar di seluruh kota pada waktu sholat.

Meriam Ramadhan Makkah menembakkan amunisi kosong dengan berat hampir dua kilogram. Dari awal bulan suci Ramadhan hingga pengumuman awal Idul Fitri, ia biasa menembakkan sekitar 150 peluru.

"2022 adalah tahun kedelapan berturut-turut bahwa suara meriam Ramadhan di Makkah tidak akan ada. Saya berharap ritual yang terkait dengan bulan suci itu kembali diperkenalkan," kata dia.

https://www.arabnews.com/node/2055756/saudi-arabia

Terpopuler