Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siti Afiyah

Sifat Seorang Guru dalam Mengajar Ilmu Agama

Agama | Tuesday, 05 Apr 2022, 21:50 WIB

suramericanadecreditoschile.com – Guru dalam bahasa arab disebut ustadz atau istilah dalam pondok pesantren dinamakan Muallim, Jika seseorang ingin menjadi Guru sejati maka disini kami akan memberikan penjelasan ringkasnya tentang Adab adab Muallim.

Guru adalah orang yang paling penting dalam mendidik murid untuk berhasil mendapatkan ilmu yang berkah dan sukses didunia maupun akhirat.

Seorang Muallim hendaknya memiliki adab yang terpuji di setiap tingkah laku kehidupan sehari hari agar ditiru oleh anak didiknya.

Keberhasilan Murid tak bisa lepas dari kesungguhan oleh guru atau ustadz dalam masalah pendidikan agamanya.

Guru adalah orang yang menunjukkan murid pada suatu ilmu sempurna dan beberapa pengetahuan dalam agama.

Maka didalam kitab Taisirul Kholaq di jelaskan ada beberapa syarat yang harus ada pada diri seorang guru, yaitu beberapa sifat yang terpuji menurut syar’i.

Karena Ruh seoranag murid itu memang lemah sekali yang disandarkan kepada ruh guru (Muallim), Ketika rang yang mengajar mempunyai sifat sifat yang sempurna maka seorang murid mempunyai pertolongan dengan mengikuti sifat guru.

Adab Guru Dalam Mengajar Ilmu Agama

Sudah kami katakan diatas bahwa guru adalah seseorang yang fenomenal dalam masalah pendidikan murid. Maka dari itu inilah beberapa adab muallim yang harus dimiliki :

Selengkapnya Baca Disini

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image