Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image linda asnawati

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Mendadak Mudah

Teknologi | Wednesday, 06 Apr 2022, 06:07 WIB

Sekarang ini penggunaan komputer sudah mulai menurun, hal ini tentunya di sebabkan oleh perkembangan teknologi yang kian canggih. Terlebih lagi sejak munculnya laptop dan juga smartphone, laptop itu sendiri memiliki fungsi yang sama dengan komputer. Namun kelebihannya yakni sangat praktis untuk di bawa kemana-mana tidak seperti komputer.

Laptop juga memiliki sistem listrik seperti hp, dimana ketika baterai habis kita bisa charger layaknya smartphone. Banyak sekali kelebihan laptop, layaknya komputer yang praktis dan simpel membuat laptop di gemari oleh banyak orang mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pekerja kantor dan yang lainnya.

Akan tetapi, memang tidak bisa di pungkiri untuk masalah kekuatan atau daya tahan saat di gunakan lebih kuat komputer dari pada laptop. Komputer bisa kita gunakan sampai 3 hari tanpa di matiin sebentarpun, tak hanya itu saja komputer juga tidak mudah panas. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan ulasan pada anda mengenai “Penyebab dan cara mengatasi laptop sering mati dadakan” buat anda yang sering mengalami hal tersebut, maka kami sajikan selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Laptop Sering Mati Mendadak

Suhu Laptop terlalu Panas

Penyebab laptop mati dadakan yang pertama yakni di sebabkan oleh suhu dari pada laptop tersbeut yang terlalu panas, biasanya kondisi seperti ini terjadi karena kita menggunakan laptop tersebut di atas kasur atau bahan empuk lainnya. Karena sirkulasi udara laptop terhambat sehingga membuat laptop cepat panas. Oleh sebab itu, di biasakan ketika hendak menggunakan laptop maka di letakan di meja ataupun tempat yang rata lainnya. Anda juga bisa pasang pendingin laptop agar sirkulasi udara pada laptop bagus.

RAM Laptop Kotor / Berdebu

Penyebab laptop mati mendadak yang kedua yakni biasanya di sebabkan oleh RAM dari pada laptop tersebut kotor ataupun banyak debunya, maka hal ini bisa menyebabkan kinerja dari laptop kurang maksimal dan membuat suhu laptop cepat panasa. Oleh sebab itu, anda harus rajin membersihkan RAM laptop yang kotor tersebut dengan menggunakan penghapus supaya tidak berbekas. Ataupun anda juga bisa upgrade kapasitas dari RAM itu sendiri.

Pasta Pada Prosesor Kering

Prosesor yang kering juga bisa menyebabkan laptop mati mendadak, oleh sebab itu anda harus selalu memmeriksa pasta yang terdapat pada prosesor apakah kering atau tidak?. Jika mengering maka prosesor tersebut oleh pasta kembali agar tetap dingin.

Mainboard Bermasalah

Penyebab laptop mati dadakan selanjutnya bisa di karenakan mainboard yang bermasalah, hal tersebut terjadi karena penggunaan laptop yang berlebihan atau juga anda sering menjalankan aplikasi yang berat. Oleh sebab itu, gantilah mainboard laptop anda jika memang sudah terbukti rusak.

Itulah tadi ulasan sederhana dna singkat dari kami terkait dengan “penyebab dan cara mengatasi laptop sering mati dadakan” selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih

Sumber : https://www.jpfoundation.or.id/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image