Dukung Emisi Nol, Blibli Cinta Bumi Kumpulkan 17 Ribu Sampah Organik

Red: Fernan Rahadi

Blibli (ilustrasi)
Blibli (ilustrasi) | Foto: blibli.com

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Blibli memperkuat komitmennya dalam melestarikan lingkungan melalui upaya daur ulang sampah yang ditunjukkan dalam partisipasinya di Surabaya X Beauty sebagai official e- commerce partner. Sepanjang penyelenggaraan acara selama tiga hari lalu, Blibli berhasil mengumpulkan lebih dari 12 ribu kemasan produk kecantikan serta hampir 5.000 kardus kemasan produk kecantikan dari ribuan orang yang mengunjungi instalasi Blibli Cinta Bumi.

 

“Blibli mengucapkan terima kasih atas antusiasme yang luar biasa dari para pengunjung, dan ini menjadi motivasi lebih bagi Blibli untuk terus memperluas dampak positif dari kampanye Blibli Cinta Bumi, sekaligus mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan menjalankan gaya hidup yang eco-friendly secara menyeluruh dan berkelanjutan,” ujar VP Public Relations Blibli, Yolanda Nainggolan, dalam siaran pers, Rabu (6/4/2022).

 

Keterlibatan Blibli Cinta Bumi di Surabaya X Beauty merupakan wujud komitmen perusahaan menerapkan konsep Environmental, Social, Governance (ESG) di setiap kebijakannya, sejalan dengan prinsip Blibli sebagai e-commerce dengan bisnis berkelanjutan. Blibli sendiri telah menerapkan prinsip ESG di berbagai kegiatan operasionalnya. Di antaranya: daur ulang sampah plastik dan kardus kemasan, penanaman pohon, waste upcycling, pembangunan tank tadah hujan dan mengolahnya untuk keperluan operasional di berbagai gudang Blibli.

 

Bagi Blibli, upaya ini menjadi penting untuk memastikan kegiatan bisnis perusahaan bisa memberikan dampak positif terhadap pemberdayaan dari aspek-aspek yang termasuk di dalam ESG. Jika diterapkan secara strategis, prinsip ESG pun dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas dan efektivitas operasional, sehingga perusahaan bisa terus tumbuh secara berkelanjutan, baik dari segi bisnis maupun pengaruhnya terhadap komponen di dalam ESG.

 

Sejalan dengan prinsipnya tersebut, Blibli Cinta Bumi berupaya meningkatkan kesadaran konsumen akan isu lingkungan dari penggunaan produk kecantikan dengan mengajak mereka mendaur ulang kemasan produk. Dalam hal ini, Blibli Cinta Bumi menghadirkan tiga lokasi drop box dimana pengunjung bisa menaruh kemasan kosong kosmetiknya. Pengunjung pun mendapatkan insentif berupa token untuk bermain gim menarik dengan hadiah berupa produk dan alat kecantikan.

Seluruh sampah kosmetik ini selanjutnya akan diolah kembali menjadi barang baru bersama mitra-mitra Blibli yang turut melibatkan komunitas perempuan, difabel, dan pengungsi, sesuai konsep sustainable business berbasis ESG oleh Blibli, yang dalam hal ini terkait dengan pemberdayaan komunitas.

 

Aksi Blibli dalam menginspirasi para beauty enthusiast untuk tampil cantik dan baik sambil merawat keberlangsungan lingkungan pun tidak berhenti sampai di sini. Blibli akan melanjutkan kolaborasinya bersama Female Daily selaku penyelenggara Surabaya X Beauty dengan hadir di acara Jakarta X Beauty yang digelar pada Juli 2022. Blibli pun mengajak para beauty enthusiast untuk mengumpulkansemua kemasan produk kecantikannya dan membawanya ke instalasi Blibli Cinta Bumi di Jakarta XBeauty.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Jelang Ramadhan, Minyak Goreng dan Sirup Rajai Transaksi E-Commerce

Olahraga Kian Populer, Blibli Gelar Kampanye #BanggaLokal

International Women's Day, Perempuan Indonesia Diajak Ekspresikan Jati Diri

Biar Kapok, Blibli Ancam Proses Hukum Penjual Produk Abal-Abal

Produk Gawai dan Peralatan Elektronik Jadi Barang Favorit pada E-Commerce

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark