Antisipasi Kekerasan Jalanan Perlu Dilakukan Sejak Dini

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

Pengunjung melihat aneka senjata tajam saat Pameran Klitih di Galeri Lorong, Yogyakarta, Selasa (30/3). Pameran dengan tajuk The Museum of Lost Space ini menceritakan lini masa fenomena klitih di Yogyakarta. Beberapa senjata tajam yang digunakan, pemberitaan klitih di media, hingga wawancara dengan pelaku ada di sini. Pameran karya dari Yahya Dwi Kurniawan ini menjelaskan bagaimana fenomena klitih terjadi, serta mendiskusikan bagaimana solusi kejahatan jalanan ini.
Pengunjung melihat aneka senjata tajam saat Pameran Klitih di Galeri Lorong, Yogyakarta, Selasa (30/3). Pameran dengan tajuk The Museum of Lost Space ini menceritakan lini masa fenomena klitih di Yogyakarta. Beberapa senjata tajam yang digunakan, pemberitaan klitih di media, hingga wawancara dengan pelaku ada di sini. Pameran karya dari Yahya Dwi Kurniawan ini menjelaskan bagaimana fenomena klitih terjadi, serta mendiskusikan bagaimana solusi kejahatan jalanan ini. | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kekerasan jalanan masih terjadi di DIY yang melibatkan anak usia sekolah. Bahkan, kasus yang terbaru menewaskan seorang pelajar di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto menyebut, antisipasi dan pencegahan kekerasan jalanan yang melibatkan usia sekolah ini perlu dilakukan sejak dini. Menurutnya, hal ini perlu menjadi perhatian bersama.

"Kekerasan jalanan yang mengakibatkan korban jiwa tak boleh lagi terulang di masa depan. Pemerintah daerah beserta stakeholder terkait diharapkan bisa lakukan antisipasi dini agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi di masa mendatang," kata Eko di Yogyakarta, Rabu (6/4/2022).

Ia juga meminta agar pelaku kejahatan jalanan tersebut dapat diproses secara hukum meskipun masih di bawah umur. Hal ini dilakukan untuk memberikan efek jera.

Selain itu, Eko juga meminta agar keluarga terutama orang tua memantau kegiatan anak usia sekolah. Keluarga diminta untuk memberikan perhatian yang lebih terhadap aktivitas anak usia sekolah.

"Polisi harus segera ungkap pelaku kekerasan jalanan ini, tangkap semua yang terlibat baik aktor maupun pelaku dan proses hukum dengan tegas," ujar Eko.

Diharapkan, kekerasan jalanan tidak kembali terulang ke depannya. Kejahatan jalanan yang mengakibatkan tewasnya pelajar di Yogyakarta tersebut, kata Eko, membawa keprihatinan banyak pihak. "Ini tanggung jawab bersama," jelasnya.

Kejahatan jalanan, lanjutnya, bertentangan sekaligus mengkhianati nilai nilai dari keistimewaan DIY. Eko pun meminta Pemda DIY untuk bekerja lebih keras dalam mencegah agar anak usia sekolah tidak ada yang terlibat kejahatan jalanan.

Untuk mengantisipasi kejahatan jalanan dibutuhkan respons cepat pemda dan aparat penegak hukum. Pihaknya, juga memberikan dukungan penuh kepada aparat kepolisian bekerja sesuai kewenangan yang ada.

"Pemda harus lebih kerja keras, lari cepat wujudkan ketenteraman sebagai amanat UU Keistimewaan DIY," tambah Eko.

Terkait


Berantas Kejahatan Jalanan, Ikatan Pelajar Muhammadiyah Dorong Aparat Tegas

Kejahatan Jalanan Marak di Yogya, Polda DIY Ketatkan Patroli

Berantas Kejahatan Jalanan, DIY Libatkan Jaga Warga

Polisi Periksa 11 Saksi dan CCTV Dalami Kejahatan Jalanan di Gedong Kuning

Meski di Bawah Umur, Kejahatan Jalanan Harus Diproses Hukum

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark