Kamis 07 Apr 2022 00:36 WIB

Waskita Toll Road Antisipasi Arus Mudik Trans Jawa

Waskita akan mengoperasikan rest area fungsional KM 338 A ruas tol Pemalang-Batang.

Red: Nidia Zuraya
Situasi ruas tol Pemalang-Batang (ilustrasi). Waskita Toll Road akan mengoperasikan rest area fungsional KM 338 A pada ruas tol Pemalang-Batang selama arus mudik Lebaran 2022.
Foto: Republika/Adinda Pryanka
Situasi ruas tol Pemalang-Batang (ilustrasi). Waskita Toll Road akan mengoperasikan rest area fungsional KM 338 A pada ruas tol Pemalang-Batang selama arus mudik Lebaran 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Waskita Toll Road (WTR), anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk, melakukan sejumlah persiapan antisipasi arus mudik pada ruas tol Trans Jawa untuk memastikan lalu lintas tol tetap aman dan lancar sejak sebelum dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. WTR melalui Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dimilikinya yaitu Semesta Marga Raya (SMR), Pejagan Pemalang Toll Road (PPTR), dan Pemalang Batang Tol Road (PBTR) telah menyiapkan strategi antisipasi di tiga ruas tol, yaitu tol Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, dan Pemalang-Batang.

Direktur Utama SMR, PPTR, dan PBTR Supriyono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (6/4/2022), mengatakan pihaknya mengantisipasi kepadatan di gerbang dan jalur tol, serta pemeliharaan pada badan jalan selama arus mudik dan balik Idul Fitri/Lebaran 2022."Kami telah meningkatkan kapasitas gerbang, juga menyediakan layanan isi ulang saldo dan menjual kartu elektronik pada gerbang tol, serta menambah jumlah petugas yang bersiaga," katanya.

Baca Juga

Supriyono juga telah menyiagakan petugas untuk menambah rambu-rambu lalu lintas dan memastikan bahwa semua rambu-rambu dan fasilitas di sepanjang jalan tol sudah lengkap dan berfungsi dengan baik.

Untuk memastikan kenyamanan pengguna jalan, kualitas pelayanan pada Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area juga akan ditingkatkan, yaitu dengan menambah petugas kebersihan, pengetatan pemantauan 24 jam, penerapan protokol kesehatan, serta meningkatkan manajemen pengelolaan antrian dan buka tutup pada TIP. Selain itu, telah disiapkan rencana pengoperasian TIP Fungsional KM 338 A pada ruas tol Pemalang-Batang.

Supriyono menambahkan bahwa saat ini pemeliharaan jalan masih terus dilakukan pada ruas tol Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, dan Pemalang-Batang, di antaranya melakukan overlaypada badan jalan, perbaikan pada badan jalan yang mengalami kerusakan sebelum arus mudik dimulai, serta penyediaan tim piket patching aspal untuk menangani potensi kerusakan badan jalan selama arus mudik dan balik.

"Saat ini kami terus melakukan monitoring, pemeliharaan, dan perbaikan pada ketiga ruas tol tersebut, dan ditargetkan akan selesai 10 hari menjelang Idul Fitri. Kami akan terus berupaya untuk memastikan lalu lintas tetap lancar selama Idul Fitri, demi kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan," tutur Supriyono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement