Jumat 08 Apr 2022 13:30 WIB

Kominfo dan Siberkreasi Buka Kelas Podcast Gaming

industri gaming di Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat

Red: Agung Sasongko
 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Spotify menghadirkan seri podcast gaming
Foto: istimewa
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Spotify menghadirkan seri podcast gaming

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Spotify menghadirkan seri podcast gaming yang akan dimulai dari 9 April hingga 24 April 2022 sebagai rangkain dari "Kelas Podcast Gaming."

Seri podcast gaming tersebut bertujuan untuk memperkenalkan podcast sebagai sarana yang informatif dan mendidik untuk gamers, kreator, dan juga developers di Indonesia. Sejalan dengan kampanye #MakinCakapDigital, Kemenkominfo juga mengajak masyarakat untuk kreatif menciptakan lebih banyak konten gaming dalam bentuk podcast yang positif dan menghibur.

Baca Juga

"Kami melihat industri gaming di Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat dikarenakan oleh perkembangan teknologi perangkat mobile. Di sisi lain, pendengar podcast juga mengalami pertumbuhan yang signifikan sejak tahun 2017. Dengan menggabungkan kedua unsur tersebut, diharapkan akan membuka berbagai kesempatan baru untuk komunitas gaming di Indonesia," ujar Rizki Ameliah, Koordinator Literasi Digital Kementerian Kominfo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/4/2022).

Menurut laporan yang di publikasikan oleh Limelight Networks di tahun 2021, 69.2% warga Indonesia yang disurvei lebih memilih untuk bermain game daripada menonton televisi ataupun film. Selain itu, 78.8% dari warga Indonesia secara sukarela mengalokasikan waktu luang mereka untuk menonton konten-konten gaming di platform online seperti Twitch dan YouTube, yang memperlihatkan besarnya ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap budaya gaming.

Laporan tersebut juga memperlihatkan frekuensi gaming dimana warga Indonesia menghabiskan rata-rate 8.54 jam per minggu bermain game, menempatkan Indonesia di posisi ke 4 (dari 7 negara yang di survei) setelah Cina, Jerman, and India. Ketergantungan masyarakat terhadap game ini juga terjadi pada saat jam kerja dengan 22.9% warga Indonesia mengakui bahwa setidaknya seminggu satu kali mereka bermain game di tempat kerja.

Dalam menanggapi potensi gaming yang begitu besar di Indonesia. "Walaupun kita memiliki potensial yang besar, kita juga menghadapi tantangan tersendiri terkait literasi digital masyarakat. Mengingat hal ini, kita mengharapkan seri podcast gaming ini dapat dengan efektif menaikkan literasi digital di Indonesia dan menghasilkan kreator-kreator konten baru di industri e-sport," kata Rizki.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement