Sabtu 09 Apr 2022 12:04 WIB

Academy Jatuhi Sanksi Will Smith Dilarang Hadiri Oscar Selama 10 Tahun

Academy Jatuhi Sanksi Will Smith Dilarang Hadiri Oscar Selama 10 Tahun

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Will Smith dan Jada Pinkett Smith.
Will Smith dan Jada Pinkett Smith.

VIVA – Academy of Motion Picture Arts and Sciences akhirnya memberi langkah tegas terhadap perilaku Will Smith dalam acara malam puncak Academy Awards atau Piala Oscar tahun 2022. Diketahui, dalam acara itu, Will menampar Chris Rock di atas panggung.

Dikutip dari The Hollywood Reporter, Sabtu, 9 April 2022, Academy of Motion Picture Arts and Sciences telah memutuskan bahwa Will Smith dilarang untuk menghadiri acara Oscars atau program Academy lainnya selama 10 tahun ke depan.

Meski begitu, Will Smith akan mempertahankan Oscar yang dia menangkan dan tetap memenuhi syarat untuk nominasi dan kemenangan Oscar di masa depan.

Dewan Gubernur Academy yang beranggotakan 54 orang telah mengadakan pertemuan khusus pada hari Jumat untuk menentukan tindakan apa yang harus diambil terhadap Smith.

Banyak anggota telah menyatakan kemarahan atas perilaku Smith, yang dia sendiri menyebut "mengejutkan, menyakitkan, dan tidak dapat dimaafkan." Beberapa bahkan memintanya untuk mengembalikan Piala Oscar yang dia dapatkan dan/atau menghapus kelayakannya untuk Oscar di masa depan.

CEO Academy Dawn Hudson, presiden David Rubin, dan produser acara Oscar Will Packer sejak saat itu mendapat kecaman karena gagal mengeluarkan Smith dari Dolby Theatre, tempat malam puncak Oscar 2022 digelar.

 

Dalam sebuah surat kepada anggota yang dikirim setelah pertemuan hari Jumat, Hudson dan Rubin mengakui bahwa mereka “tidak menangani situasi di ruangan secara memadai” dan meminta maaf bahwa mereka “gagal – tidak siap untuk hal yang belum pernah terjadi sebelumnya.” Mereka juga mengungkapkan “terima kasih yang mendalam kepada Mr. Rock karena mempertahankan ketenangannya dalam keadaan luar biasa” dan berterima kasih kepada “tuan rumah, nominasi, pembawa acara, dan pemenang malam itu atas ketenangan dan keanggunan mereka selama siaran kami.”

Berikut surat terbuka yang dikirim oleh Rubin dan Hudson pada hari Jumat:

“Oscar ke-94 dimaksudkan untuk menjadi perayaan banyak individu di komunitas kami yang melakukan pekerjaan luar biasa tahun lalu; namun, saat-saat itu dibayangi oleh perilaku yang tidak dapat diterima dan berbahaya yang kami lihat diperlihatkan oleh Mr. Smith di atas panggung.

Selama siaran kami, kami tidak cukup menangani situasi di dalam ruangan. Untuk itu, kami mohon maaf. Ini adalah kesempatan bagi kami untuk memberi contoh bagi tamu, pemirsa, dan keluarga Academy kami di seluruh dunia, dan kami gagal — tidak siap untuk hal yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Hari ini, Dewan Gubernur mengadakan pertemuan untuk membahas cara terbaik untuk menanggapi tindakan Will Smith di Oscar, selain menerima pengunduran dirinya. Dewan telah memutuskan, untuk jangka waktu 10 tahun dari tanggal 8 April 2022, Mr. Smith tidak akan diizinkan untuk menghadiri acara atau program Academy, secara langsung atau virtual, tidak terbatas pada Academy Awards saja.

Kami ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Mr. Rock karena menjaga ketenangannya dalam keadaan luar biasa. Kami juga ingin berterima kasih kepada tuan rumah, nominasi, presenter, dan pemenang kami atas ketenangan dan keanggunan mereka selama siaran kami.

 

Tindakan yang kami ambil hari ini sebagai tanggapan atas perilaku Will Smith adalah langkah menuju tujuan yang lebih besar untuk melindungi keselamatan para pemain dan tamu kami, dan memulihkan kepercayaan pada Academi. Kami juga berharap ini dapat memulai masa penyembuhan dan pemulihan bagi semua yang terlibat dan terkena dampak.

Terima kasih,

David Rubin

Presiden

Fajar Hudson

CEO."

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
سَمّٰعُوْنَ لِلْكَذِبِ اَكّٰلُوْنَ لِلسُّحْتِۗ فَاِنْ جَاۤءُوْكَ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ اَوْ اَعْرِضْ عَنْهُمْ ۚوَاِنْ تُعْرِضْ عَنْهُمْ فَلَنْ يَّضُرُّوْكَ شَيْـًٔا ۗ وَاِنْ حَكَمْتَ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِالْقِسْطِۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِيْنَ
Mereka sangat suka mendengar berita bohong, banyak memakan (makanan) yang haram. Jika mereka (orang Yahudi) datang kepadamu (Muhammad untuk meminta putusan), maka berilah putusan di antara mereka atau berpalinglah dari mereka, dan jika engkau berpaling dari mereka maka mereka tidak akan membahayakanmu sedikit pun. Tetapi jika engkau memutuskan (perkara mereka), maka putuskanlah dengan adil. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil.

(QS. Al-Ma'idah ayat 42)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement