Senin 11 Apr 2022 08:25 WIB

Bank Sentral Rusia Pangkas Suku Bunga Jadi 17 Persen

Suku bunga diturunkan dari 20% jadi 17%, Bank Sentral Rusia beri sinyal pelonggaran

Red: Esthi Maharani
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan  melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS).  Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.
Website Anadolu Agency Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita AA (HAS). Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

REPUBLIKA.CO.ID., ANKARA -- Bank Sentral Rusia pada Jumat (7/4/2022) memangkas tajam suku bunga utamanya sebesar 300 basis poin menjadi 17 persen, kebijakan moneter dari otoritas Rusia itu menandakan pelonggaran lebih lanjut.

"Keputusan hari ini mencerminkan perubahan dalam keseimbangan risiko percepatan pertumbuhan harga konsumen, penurunan aktivitas ekonomi dan risiko stabilitas keuangan," kata Bank Rusia dalam sebuah pernyataan.

Ini menekankan bahwa bank akan memperhitungkan risiko eksternal dan domestik, reaksi pasar keuangan dan arah inflasi untuk keputusan lebih lanjut. Bank sentral juga mengatakan pemotongan di masa depan adalah “mungkin”.

"Bank Rusia membuka prospek penurunan suku bunga utama pada pertemuan mendatang," tutur bank sentral itu.

Inflasi konsumen tahunan negara itu naik menjadi 16,70 persen untuk minggu pertama pada April, mencapai level tertinggi dalam tujuh tahun terakhir. Pada Maret, bank mempertahankan suku bunga konstan pada 20 persen setelah kenaikan dramatis pada Februari dari 9,5 persen di tengah sanksi Barat karena perangnya terhadap Ukraina. Dewan Direksi Bank Rusia akan mengadakan pertemuan berikutnya pada 29 April.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement