Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Armells Lovy

KEJAHATAN - KEJAHATAN di INTERNET

Teknologi | Monday, 11 Apr 2022, 11:50 WIB

Teknologi merupakan suatu sarana yang terus berkembang dan memudahkan untuk melakukan sesuatu , salah satu teknologi yang memiliki kemajuan pesat adalah internet . Kemajuan teknologi tersebut bukan suatu hal yang dapat di hindari , apalagi di zaman modern ini dengan adanya kemajuan teknologi khususnya di internet kita semakin banyak mengetahui hal – hal yang tidak kita ketahui sebelumnya dan dengan adanya internet juga kita dapat mempermudah melakukan sesuatu seperti mengirim pesan lewat e-mail atau lewat sosial media.

Begitu juga dengan kejahatan, semakin majunya teknologi semakin banyak juga kejahatan – kejahatan yang memanfaatkan kemajuan teknologi salah satunya internet. Banyak sekali kejahatan yang dapat kita lihat di internet salah satu kejahatan yang sering kita temui di internet adalah penipuan, penipuan yang memanfaatkan teknologi internet biasanya mereka akan berpura – pura menjual sesuatu barang yang tampak seperti penjual sunguhan.

Itu merupakan sebagian kecil dari kejahatan internet yang sering kita temui, tetapi kejahatan di internet tidak hanya penipuan, ada banyak sekali kejahatan – kejahatan internet yang belum diketahui banyak orang , hal inilah yang dapat membahayakan kalangan orang – orang awam yang menggunakan internet salah satunya media sosial.

Ada sekitar banyak sekali kejahatan di internet yang mungkin belum banyak orang tau dan nama kejahatan ini mungkin asing didengan oleh beberapa orang , seperti

Kejahatan phising , phising merpupakan kejahatan penipuan tetapi penipuan yang dilakukan tidak seperti penipuan yang sering kita temui, kejahatan ini sering di lakukan di media sosial seperti Whatsapp,Instagram,Facebook, dll. Kejahatan ini biasanya melakukan aksinya dengan mengirimkan link palsu atau membuat website palsu , tujuan dari kejahatan ini untuk mencuri data penting seperti identitas , akun email , akun internet banking ,sampai kartu kredit.

Kejahatan skimming, skimming merupakan kejahatan yang harus kita waspadai sama halnya dengan phising. Skimming merupakan kejahatan perbankan yang melakukan kejahatan dedngan cara mencuri data kartu debit atau kredit untuk menatik dana direkening , kejahatan ini biasanya dilakukan dimesin ATM dengan menggunakan alat yang dipasangkan di mesin ATM , tetapi kejahatan ini mungkin sudah jarang atau sudah tidak ada karna mesin ATM saat ini sudah menggunakan sistem yang canggih.

Penyerangan Ransomware adalah virus yang dapat menginfeksi komputer bukan hanya komputer mungkin handphone kita juga dapat terkena virus ini , kejahatan memang tidak menimbulkan kerugian besar bagi korbannya karna sudah banyak anti virus yang dapat menangkal virus yang menginfeksi komputer atau handphone kita.

Itu merupakan bebrapa contoh kejahatan di internet , kita sebagai pengguna internet harus berhati – hati dan bijak dalam menggunakan internet , kita tidak tau munggkin kedepannya akan ada kejahatan – kejahatan lainnya yang akan muncul di internet , hindarilah memposting indentitas pribadi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image