Senin 11 Apr 2022 17:52 WIB

Rambut Rontok karena Kurang Zat Besi, Coba Konsumsi Buah Bit

Buah bit kaya akan zat besi yang bantu mengatasi rambut rontok.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Buah bit kaya akan zat besi yang bantu mengatasi rambut rontok.
Foto: www.pixabay.com
Buah bit kaya akan zat besi yang bantu mengatasi rambut rontok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perawatan rambut yang tepat berperan penting terhadap kesehatan rambut. Namun, diet sehat juga bisa menjadi faktor kunci seberapa kuat rambut, dan makanan tertentu mendorong pertumbuhan tersebut. 

Sama seperti diet yang memiliki kapasitas untuk meningkatkan warna kulit dan meratakan warna kulit, pola makan juga dapat bermanfaat dalam meningkatkan rambut dan membuatnya tampak lebih tebal, serta lebih sehat dari sebelumnya.

Baca Juga

Ahli kecantikan dan ahli rambut Ghanima Abdullah menjelaskan, ada bahan terbaik untuk dimasukkan ke dalam smoothie pagi untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Salah satu penyebab utama kerontokan dan penipisan helai rambut adalah anemia, atau kekurangan sel darah merah yang cukup dalam tubuh. Itu sebabnya perlu memprioritaskan bahan makanan yang tinggi zat besi agar dapat membantu menambah kekuatan yang sangat dibutuhkan helai rambut, sekaligus memberikan banyak manfaat lain bagi tubuh.

“Tidak memiliki cukup zat besi dalam tubuh berarti tidak cukup oksigen yang diangkut ke folikel rambut. Karena itu, kita mengalami kerontokan rambut,” kata Abdullah dilansir She Finds, Senin (11/4/2022).

“Ketika lebih banyak oksigen diangkut ke folikel rambut, itu menyebabkan pertumbuhan rambut. Ini adalah prinsip di balik minoxidil, untuk meningkatkan aliran darah ke kulit kepala sehingga akan membawa oksigen dan nutrisi lainnya,” ujar Abdullah.

Salah satu makanan utama yang disarankan untuk meningkatkan konsumsi zat besi adalah buah bit. Abdullah menjelaskan, buah bit kaya zat besi, dan secara alami tubuh menyerap zat besi lebih baik dari sumber makanan lain. Jika mengalami anemia karena kekurangan zat besi, Anda bisa mengonsumsi buah bit setiap hari tanpa efek samping.

Dipasangkan dengan buah-buahan kaya antioksidan, bit sebenarnya bisa menjadi tambahan yang bagus untuk smoothie harian. Jika merasa tidak senang dengan gagasan minum bit untuk sarapan, Abdullah menyarankan buah kaya zat besi lain yang mungkin juga berguna untuk memicu pertumbuhan rambut yang sehat.

“Bahan smoothie lain yang memiliki daging merah muda seperti darah, dari mana Anda dapat mengatakan bahwa itu kaya akan zat besi adalah buah sawo atau buah zapote,” kata dia.

Buah ini memiliki rasa yang sama sekali berbeda dari bit dan buah-buahan lainnya. Ini sering digunakan untuk membuat smoothie yang rasanya lebih seperti es krim, karena zapote sangat kaya rasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement