Selasa 12 Apr 2022 14:32 WIB

Louis van Gaal Mengaku Telah Sembuh dari Kanker Prostat

Van Gaal menjalani terapi pengobatan kanker selama lima sampai enam bulan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Louis van Gaal, pelatih timnas Belanda.
Foto: EPA/Peter Powell
Louis van Gaal, pelatih timnas Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Belanda Louis van Gaal mengaku telah sembuh dari kanker prostat. Sebelumnya, Van Gaal telah menjalani perawatan yang cukup intensif.

Mantan pelatih Manchester United dan Barcelona berusia 70 tahun itu mengungkapkan penyakit yang dideritanya di sebuah acara televisi Belanda, awal bulan ini. Van Gaal merahasiakan hal tersebut dari para pemain timnas Belanda. Dia tidak ingin fokus skuad Oranje terganggu kondisinya.

Baca Juga

"Saya telah melalui semuanya," kata Van Gaal kepada kantor berita Belanda ANP, dikutip dari ESPN, Selasa (12/4/2022).  "Saya menjalani 25 perawatan radiasi. Kemudian saya harus menunggu lima atau enam bulan untuk melihat apakah itu berhasil dan ternyata itu berhasil."

Saat mengumumkan sakit kanker, banyak dukungan mengalir ke Van Gaal, salah satunya dari MU. “Semua orang di Man United mendukung pelatih kami sepenuhnya, Louis Van Gaal dalam perjuangannya melawan kanker, kami mengirimkanmu kekuatan dan keberanian Louis,” tulis pernyataan resmi di MU di akun media sosialnya.

Van Gaal dalam masa jabatan ketiganya sebagai pelatih Belanda. Ia akan memimpin Oranje di Piala Dunia 2022 Qatar akhir tahun ini, sebelum digantikan oleh Ronald Koeman.

Belanda menghadapi tuan rumah Qatar, Senegal dan Ekuador di babak penyisihan grup Piala Dunia, yang dimulai pada November. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement