Selasa 12 Apr 2022 15:49 WIB

Ada Bakteri Salmonella, Produk Kinderjoy Ditarik Bertahap

Keselamatan konsumen adalah yang utama bagi Alfamart.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Alfamart (Ilustrasi)
Foto: Ist
Alfamart (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengumumkan secara resmi, minimarket di Kota dan Kabupaten Bogor sejak Senin (11/4) malam tidak lagi menjual Kinderjoy. Penghentian sementara peredaran produk Kinderjoy dilakukan lantaran ada uji laboratorium terkait potensi penyebaran cemaran bakteri Salmonella.

Regional Corporate Communication Manager PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart), Budi Santoso, mengatakan, pihaknya telah melakukan penarikan produk coklat anak-anak ini sejak Senin (11/4) malam.

“Kami sudah melakukan penarikan produk tersebut dari kemarin. Semua kita tarik (di Kota dan Kabupaten Bogor), secara bertahap tidak ada produk tersebut,” kata Budi kepada Republika, Selasa (12/4).

Corporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman, menjelaskan, Alfamart telah mengirimkan surat elektronik ke seluruh gerai terkait hal tersebut dan menonaktifkan produk kinderjoy.

“Mulai 12 April 2022 produk kinderjoy kami tarik terlebih dulu dari rak display sambil menunggu keputusan resmi dari BPOM soal keamanannya. Keselamatan konsumen adalah yang utama bagi kami,” ujarnya.

Alfamart patuh terhadap keputusan resmi BPOM. “Apabila BPOM menemukan bahan berbahaya, maka produk akan dilakukan retur ke produsen untuk dimusnahkan,” tegasnya.

Salah seorang karyawan Alfamart Jalan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, bernama Intan, mengatakan produk Kinderjoy di gerai tersebut sudah ditarik sejak Senin (11/4) malam. Para karyawan pun telah diinformasikan jika penarikan tersebut berdasarkan keterangan resmi dari BPOM, terkait adanya bakteri Salmonella di produk Kinderjoy.

Intan menuturkan, stok Kinderjoy di Alfamart Jalan Kebon Pedes sendiri masih tergolong banyak. Bahkan belum mencapai tanggal kedaluwarsa.

“Dari semalam ditarik, karena disuruh BPOM ya karena ada bakteri apa gitu. Semua Alfamart dari kemarin malam udah ditarik produknya,” kata Intan.

Pantauan Republika, produk Kinderjoy yang biasanya dipajang di rak depan kasir kini tidak terlihat. Hanya ada beberapa produk serupa dari merk berbeda yang masih dijual di Alfamart. Hal serupa juga terjadi di Indomaret Jalan Kebon Pedes.

Karyawan Indomaret Kebon Pedes, Putri Adinda, mengaku tidak mengetahui mengapa produk Kinderjoy ditarik dari gerainya. Penarikan produk Kinderjoy itu dilakukan sejak Senin (11/4) malam.

“Dari kantor cabang diminta tariknya. Di sini masih banyak sih cuma nggak sampai ratusan, nggak ada di display lagi,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement