Umat Islam Diajak Kembali Ramaikan Masjid Ramadhan Tahun Ini

Red: Ani Nursalikah

Rabu 13 Apr 2022 02:15 WIB

Seorang wanita membaca kitab suci Alquran di Masjid Istiqlal. Umat Islam Diajak Kembali Ramaikan Masjid Ramadhan Tahun Ini Foto: AP/Dita Alangkara Seorang wanita membaca kitab suci Alquran di Masjid Istiqlal. Umat Islam Diajak Kembali Ramaikan Masjid Ramadhan Tahun Ini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustadz Hilmi Firdausi mengajak umat Islam mengembalikan semangat keimanan kepada Allah SWT setelah dua tahun masa pandemi Covid-19 yang membatasi berbagai kegiatan ibadah.

"Yang harus kita lakukan adalah mengembalikan spirit keimanan kita pada Allah SWT yang sudah dua tahun jarang meramaikan masjid, sekarang mungkin di-reset lagi, dikembalikan lagi semangat untuk meramaikan masjidnya," kata Hilmi dalam talkshow daring bertajuk "Jaga Hati, Imun dan Prokes di Bulan Ramadhan", yang diikuti di Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga

Menurut dia, selama dua tahun ke belakang, kegiatan beribadah tidak dapat dilakukan di masjid tetapi disarankan untuk dilakukan di rumah. "Kita ini sudah dua tahun ke belakang ibadah kita dibatasi, mesjid banyak yang sepi, kita pun jarang ke masjid, tarawih juga di rumah, kemarin pun Idul Fitri kita sholat di rumah saja di 2020," katanya.

Oleh karena itu, Ustadz Hilmi mengajak umat Islam kembali meramaikan masjid di tengah pandemi Covid-19 yang mulai mereda. "Sudah dua tahun orang enggak ke masjid, disuruh ke masjid sepertinya agak malas walaupun pandemi sekarang sudah mulai berkurang," katanya.

Meskipun demikian, ia meminta umat Islam yang beribadah di masjid tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan baik diantaranya dengan menggunakan masker dengan benar. "Dikembalikan lagi semangat untuk meramaikan masjidnya tapi dengan cara yang baru, dengan cara kita tetap menggunakan masker dan sebagainya," katanya.