Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Apa itu Pendidikan Berkelanjutan dan Mengapa Penting?

Eduaksi | Wednesday, 13 Apr 2022, 09:57 WIB
image: LH

Di dunia kita yang penuh dengan informasi, pertanyaan "Apa yang dimaksud dengan pendidikan berkelanjutan?" adalah salah satu yang sangat umum. Tergantung pada individu dan situasi, itu juga bisa berarti berbagai hal yang berkisar di seluruh spektrum pendidikan.

Apa itu Pendidikan Berkelanjutan?

Pendidikan berkelanjutan adalah istilah yang mencakup semua yang menggambarkan berbagai kegiatan dan metode pembelajaran formal dan informal.

Misalnya, di salah satu ujung spektrum, kita memiliki kursus dan sertifikasi yang memungkinkan Anda untuk lebih mengembangkan keterampilan dan pengetahuan Anda di bidang tertentu dari karir atau profesi Anda. Di ujung lain spektrum, kita memiliki kegiatan yang lebih sederhana seperti membaca atau menghadiri seminar yang juga dapat Anda manfaatkan untuk terus mendidik diri sendiri.

Tidak ada pilihan benar atau salah di sini. Tujuan sebenarnya adalah mencari tahu opsi mana yang paling cocok untuk Anda dan bagaimana Anda dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pada akhirnya, pendidikan mandiri bermuara pada pengejaran Anda untuk memperoleh pengetahuan atau mengembangkan keterampilan.

Ingatlah bahwa melanjutkan pendidikan berkisar dari mendapatkan persyaratan untuk mengambil langkah berikutnya dalam kehidupan profesional Anda, hingga belajar dan mengejar penelitian berdasarkan minat Anda.

Sepanjang proses pendidikan, kita mulai mengadopsi gagasan bahwa kita hanya dapat belajar dari figur otoritas, seperti orang-orang dengan kredensial dan penghargaan yang sesuai, atau mereka yang diberi gelar guru atau profesor.

Ini adalah pendapat yang sudah ketinggalan zaman, terutama mengingat dunia kontemporer di mana kebanyakan orang sudah memiliki akses ke begitu banyak informasi yang relevan di ujung jari mereka.

Ada sesuatu yang dapat dipelajari dari setiap orang dan setiap pengalaman yang Anda miliki dalam hidup Anda. Tetapi untuk mulai memahami pelajaran itu, pertama Anda harus menghargainya.

Bayangkan skenario ini:

Anda sedang berjalan di jalan di kota asal Anda dan seseorang menghentikan Anda untuk melakukan percakapan singkat. Namun, Anda pikir Anda sibuk sehingga Anda menghindarinya. Sayangnya ini adalah kejadian umum bagi banyak individu.

Jika Anda berjalan-jalan sambil berpikir bahwa Anda lebih baik daripada orang lain, atau seolah-olah Anda terlalu sibuk untuk meluangkan waktu untuk mereka, Anda akan kehilangan banyak pelajaran yang berpotensi penting.

Inilah sebabnya mengapa sikap bersyukur menjadi semakin penting. Jika kita dapat belajar untuk mengadopsi sikap syukur, kita akan menjadi lebih mudah menerima pelajaran di sekitar kita.

Ini memungkinkan kita untuk menjawab pertanyaan yang kita mulai dengan lebih baik:

Apa itu pendidikan berkelanjutan?

Terbuka terhadap peluang yang diberikan alam semesta kepada kita agar kita dapat terus belajar.

Bayangkan jika Anda tidak hanya dapat mempertahankan apa yang Anda pelajari setiap hari tetapi juga membangun pengetahuan itu. Pikirkan tentang dampak yang akan terjadi pada hidup Anda.

Mengapa Melanjutkan Pendidikan Penting?

Sekarang setelah kita memiliki pemahaman yang lebih baik tentang jawaban atas dua pertanyaan yang disebutkan sebelumnya, sekarang saatnya untuk membahas mengapa semua ini penting.

Lagi pula, jika kita tidak mengerti mengapa melanjutkan pendidikan itu penting, kemungkinan besar kita akan kehilangan motivasi, yang merupakan hambatan yang sebaiknya kita hindari.

Kepatuhan dengan Standar Profesional

Bagi para profesional dan pekerja yang dituntut untuk selalu up to date dengan pengetahuan dan keahlian mereka, kebutuhan untuk melanjutkan pendidikan cukup jelas. Jenis pendidikan ini memungkinkan mereka untuk mematuhi undang-undang, standar, dan sertifikasi yang memungkinkan mereka untuk tetap memiliki lisensi dan bekerja dalam profesi mereka.

Mereka membutuhkan kesempatan ini untuk memulai karir di bidang yang mereka minati. Pendidikan berkelanjutan memungkinkan mereka untuk menjadi lebih berkualitas sehingga mereka dapat maju ke tingkat yang lebih tinggi dalam profesi mereka dan mendapatkan lebih banyak pendapatan, kebebasan, atau tanggung jawab.

Belajar Lebih Banyak tentang Apa yang Anda Sukai

Namun, bagi individu lain, melanjutkan pendidikan memiliki kepentingan lain. Pendidikan berkelanjutan memungkinkan orang untuk belajar lebih banyak tentang hal-hal yang mereka sukai.

Dampak ini dapat berlaku dalam berbagai cara yang berbeda. Mendidik diri sendiri secara terus-menerus dapat memberi Anda dorongan kepercayaan diri yang Anda butuhkan dan berfungsi sebagai landasan untuk langkah selanjutnya yang ingin Anda ambil dalam bidang pengetahuan tertentu.

Peluang Bertemu Orang

Arti penting lain dari melanjutkan pendidikan adalah memberikan kesempatan bertemu orang lain. Di dunia yang sangat mementingkan memiliki jaringan sosial yang luas, melanjutkan pendidikan menjadi sangat berguna. Bahkan jika Anda hanya mencari teman baru di bidang Anda, itu dapat berdampak signifikan pada jalan Anda menuju pendidikan Anda.

Akhirnya, dan mungkin alasan yang paling penting adalah bahwa melanjutkan pendidikan memungkinkan Anda untuk belajar tentang hal-hal yang Anda memiliki rasa ingin tahu bawaan. Ini memungkinkan Anda untuk mulai mengejar hasrat Anda dan mengarahkan diri Anda ke masa depan yang ingin Anda wujudkan.

Kembangkan Sikap Bersyukur atas Pembelajaran Berkelanjutan

Sekarang mari kita beralih dari pertanyaan awal kita tentang “Apa itu melanjutkan pendidikan?” ke “Bagaimana kita mengembangkan sikap syukur?” untuk sesaat.

Di bagian berikutnya, kita akan segera memeriksa mengapa ini merupakan komponen penting dari jawaban kita atas pertanyaan pertama.

Ada beberapa cara untuk mulai mewujudkan sikap syukur, dan Anda dapat memilih sikap yang paling sesuai dengan Anda.

Berikut adalah beberapa contoh yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Luangkan Waktu untuk Bermeditasi

Meditasi adalah salah satu cara bagi orang untuk mulai mengembangkan lebih banyak rasa syukur dalam diri mereka. Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi pada awalnya. Tetapi bagaimana tidak melakukan apa-apa mengembangkan sikap bersyukur? Anda benar, tidak.

Namun, itu menempatkan kita di ruang kepala yang besar, yang mendorong kita untuk menjadi lebih sadar dalam praktik sehari-hari kita dan membuat kita lebih mudah menerima rasa syukur.

2. Ungkapkan Rasa Syukur Anda Secara Verbal

Cara mudah lainnya untuk mulai mengembangkan sikap syukur adalah dengan mulai membicarakannya lebih banyak dan mengungkapkan rasa terima kasih Anda. Anda dapat mengungkapkannya kepada seseorang untuk sesuatu yang sederhana seperti mereka membukakan pintu untuk Anda. Mengucapkan terima kasih sangat bermanfaat bagi Anda dan orang lain.

Dengan bertindak penuh syukur, Anda akan mulai memiliki emosi-emosi ini lebih teratur, yang pada akhirnya dapat berintegrasi ke dalam tindakan normal Anda.

3. Buat Jurnal Syukur Harian

Cara lain adalah dengan membuat jurnal rasa syukur. Ini membawa rasa terima kasih Anda dari pikiran Anda ke lingkungan eksternal Anda di mana Anda dapat lebih efektif memvisualisasikan apa yang Anda syukuri.

Misalnya, ucapkan terima kasih atas keluarga Anda. Lain kali jika salah satu dari mereka membuat Anda kesal, bacalah jurnal Anda sehingga Anda akan lebih diingatkan bagaimana Anda bersyukur untuk mereka, meskipun mereka mengganggu Anda.

Secara keseluruhan, kegiatan ini menanamkan pola pikir untuk menerima pelajaran di sekitar Anda sehingga Anda dapat sepenuhnya menyerapnya dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Pikiran Akhir

Mudah-mudahan, Anda sekarang memiliki jawaban yang lebih baik untuk pertanyaan melanjutkan pendidikan sekarang setelah Anda membaca artikel ini.

Sekarang, Anda seharusnya tidak hanya memahami apa itu sikap bersyukur, tetapi juga bagaimana Anda dapat mulai mengembangkannya dalam hidup Anda sendiri. Mudah-mudahan, melalui upaya ini, Anda akan mempersiapkan diri untuk lebih menerima pengalaman belajar baru dalam kehidupan sehari-hari Anda dan tidak pernah melewatkan kesempatan lain untuk tumbuh sebagai individu.

Akhirnya, Anda sekarang harus mengetahui pentingnya pendidikan berkelanjutan, baik dari sudut pandang profesional maupun pribadi. Melalui ini, Anda benar-benar dapat membawa hidup Anda ke mana pun Anda ingin pergi dan menjadi tipe orang apa pun yang Anda inginkan.

Masa depan Anda ada di tangan Anda.

***

Solo, Rabu, 13 April 2022. 9:51 am

'salam hangat penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image