Gerai Vaksin Disiapkan di Perbatasan Jatim Saat Mudik

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin

Gerai Vaksin Disiapkan di Perbatasan Jatim Saat Mudik (ilustrasi).
Gerai Vaksin Disiapkan di Perbatasan Jatim Saat Mudik (ilustrasi). | Foto: dok bowo pribadi

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Kapolda Jatim Irjen Pol. Nico Afinta menyatakan, pihaknya bakal menyediakan gerai vaksinasi Covid-19 di titik-titik perbatasan Jatim saat mudik lebaran idul fitri. Nico menyatakan, gerai vaksin yang disediakan dimaksudkan untuk memastikan kelancaran mudik, setelah pemerintah menetapkan vaksin booster sebagai syarat perjalanan mudik lebaran tahun ini.

Nico mengaku telah berkoordinasi dengan Kodam V Brawijaya, Pemprov Jatim dalam upaya menyiapkan gerai vaksin di perbatasan. "Mudik syaratnya harus booster. Kalau belum booster, ya nanti dibooster oleh petugas di lapangan," ujarnya di Surabaya, Rabu (13/4/2022).

Nico menjelaskan, Jatim memiliki 9 titik perbatasan dengan Jawa Tengah, yang tengah diupayakan penyiapan gerai vaksinasi Covid-19. Nico melanjutkan, gerai vaksin juga bakal disiapkan di perbatasan Jatim dengan Bali, tepatnya di Gili Ketapang, Banyuwangi.

"Sehingga intinya lintas provinsi itu sudah pasti ada titik untuk melakukan pos pelayanan booster," ujarnya.

Baca Juga

Meski demikian, Nico berharap masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik agar melengkapi dosis vaksinnya di daerah asal. Karena jika terlalu banyak yang melakukan perjalanan tanpa melengkapi dosis vaksin, akan terjadi penumpukkan di gerai vaksin yang disediakan.

"Tapi harapan kami sebelum melaksanakan mudik booster dulu. Karena itu salah satu syarat untuk melakukan perjalanan mudik," kata Nico. 

Nico juga mengingatkan masyarakat untuk menginstal aplikasi PeduliLindungi saat mudik ke kampung halaman. Aplikasi tersebut akan memudahkan masyarakat dalam perjalanan maupun berkunjung di tempat-tempat wisata.

Terkait


BI Jatim: Penukaran Uang Drive Thru Diminati Masyarakat

Satgas Covid-19 Jatim Sampaikan Vaksinasi Penguat Capai 3,6 Juta Orang

Jatim Siagakan 54 Posko Pengaduan THR

Jatim Ekspor 32 Ton Cokelat Bubuk ke Australia

Peduli Sesama, Ngaji Bersama ODGJ

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark