Tebar Berkah Ramadhan, YBM PLN UP2B JTD Berbagi Takjil kepada Musafir

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq

Para ibu PIKK PLN Unit Pelaksana Pengaturan Beban Jawa Trngah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (UP2B JTD) bersinergi dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UP2B JTD menyalurkan langsung paket bahan kebutuhan pokok kepada warga miskin, di sekitar kantor PLN UP2B JTD, di Kabupaten Semarang, Selasa (12/4).
Para ibu PIKK PLN Unit Pelaksana Pengaturan Beban Jawa Trngah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (UP2B JTD) bersinergi dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UP2B JTD menyalurkan langsung paket bahan kebutuhan pokok kepada warga miskin, di sekitar kantor PLN UP2B JTD, di Kabupaten Semarang, Selasa (12/4). | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Semarakkan Ramadhan penuh berkah, Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Pelaksana Pengatur Beban (UP2B) Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (JTD) bagikan takjil kepada para musafir. Mengusung semangat 'Berbagi Merawat Negeri", kegiatan bagi takjil untuk para musafir ini dilaksanakan setiap Jumat selama bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah.

"Setiap Jumat kami rutin menggelar kegiatan bagi Takjil for Musafir, selama bulan Ramadhan di sekitar masjid serta SPBU di Ungaran," kata Ketua YBM PLN UP2B JTD, Nur Zaim, di Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (13/4).

Area tersebut dipilih karena merupakan lokasi yang selalu ramai oleh oleh aktivitas para musafir,  dikarenakan berada pada perlintasan jalan nasional atau jalan utama penghubung antar daerah.

Selain bagi takjil kepada para musafir, lanjut Nur Zaim, dalam momentum Ramadhan kali ini YBM PLN UP2B JTD juga membagikan bingkisan Ramadhan kepada para mustahik.

Sedikitnya 100 bingkisan Ramadhan yang dibagikan kepada para mustahik di sekitar kantor PLN UP2B JTD ini berisi berbagai bahan kebutuhan pokok masing-masing senilai Rp 300 ribu.

Penyaluran paket Ramadhan dilakukan langsung secara door to door bekerja sama dengan ibu-ibu PIKK UP2B JTD guna menghindari kerumunan para penerima manfaat.

Secara rinci, target penyaluran sembako adalah mereka yang masuk dalam golongan mustahik, antara lain seperti fakir, miskin, mualaf, pengutang, serta pendakwah. Termasuk para musafir yang kehabisan bekal di lingkungan sekitar para muzaki.

Kegiatan ini, lanjutnya, sangat bermanfaat bagi muzaki karena dapat menyalurkan zakat mal mereka secara langsung kepada para mustahik. Di sisi lain, keterlibatan para ibu PIKK yang bersinergi bersama YBM PLN UP2B JTD pada 'Bulan Kartini' ini untuk berempati langsung kepada masyarakat.

Terlebih saat ini masyarakat masih umum merasakan kelangkaan serta kenaikan bahan pokok. "Untuk itu mereka (muzaki) ikut terjun langsung membagikan sembako bagi warga yang kurang mampu," tegasnya.

Sementara itu, sejumlah pengurus masjid serta pengelola SPBU  merasa terbantu oleh tambahan  takjil yang diberikan secara cuma-cuma di masa pandemi. “Semoga para zuzaki mendapat ridho Allah SWT dengan keikhlasan berbagi ini sekaligus juga menjadikan berkah Ramadhan bagi kita semua,” ungkap Agung, selaku pengurus masjid di Ungaran.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Meraih Keberkahan Ramadhan

8 Kenikmatan Bulan Ramadhan yang Hanya Anda Rasakan Setahun Sekali

Meraup Berkah Ramadhan dengan Budaya Silaturahim

Berbagi Berkah Ramadhan, Gubernur Erzaldi Berburu Takjil di Sini

Berkah Ramadhan, dengan 1 Juta Bisa Kuliah di UMP

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark