Kamis 14 Apr 2022 00:35 WIB

Indonesia Masih Memiliki Peluang Besar di Bisnis Migas

Menurut data SKK MIgas, ada 128 cekungan yang dimiliki Indonesia.

Red: Nidia Zuraya
Ladang pengeboran migas (ilustrasi)
Foto: AP PHOTO
Ladang pengeboran migas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memandang Indonesia masih memilik peluang besar dalam bisnis migas karena mempunyai banyak cekungan baik offshores maupun onshores seluas lebih dari 460 ribu kilometer persegi. Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan ada 128 cekungan yang dimiliki Indonesia, tapi yang berproduksi baru mencapai 20 cekungan.

"Ini bisa memberikan gambaran masih ada peluang di migas Indonesia dari barat sampai timur berupa offshores dan onshores," kata Julius di Jakarta, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga

Per 31 Maret 2022, SKK Migas mencatat ada 172 contract area, 95 production contract area, dan 77 exploration contract area (termasuk dua wilayah kerja menunggu kebijakan pemerintah dan 26 wilayah kerja dalam proses terminasi). Julius mengungkapkan saat ini ada cekungan yang sudah dilakukan pengeboran dan telah ditemukan hidrokarbon, tetapi belum dikomersialkan. 

Hal ini menantang karena ada istilah undeveloped discovery yang harus dikerjasamakan dari para investor dan pemerintah. Potensi cekungan migas yang banyak itu belum detail karena masih memerlukan studi, seismik, dan penelitian lainnya.

"Ini kenyataan kita bukan sebagai barang jualan, tetapi ini data yang kita punya sampai hari ini," ujar Julius.

Ia pun optimistis bahwa minyak dan gas bumi tidak akan habis dalam waktu dekat karena komoditas ini selalu ditemukan dan potensi yang belum tereksploitasi juga masih banyak.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَالُوْا يٰلُوْطُ اِنَّا رُسُلُ رَبِّكَ لَنْ يَّصِلُوْٓا اِلَيْكَ فَاَسْرِ بِاَهْلِكَ بِقِطْعٍ مِّنَ الَّيْلِ وَلَا يَلْتَفِتْ مِنْكُمْ اَحَدٌ اِلَّا امْرَاَتَكَۗ اِنَّهٗ مُصِيْبُهَا مَآ اَصَابَهُمْ ۗاِنَّ مَوْعِدَهُمُ الصُّبْحُ ۗ اَلَيْسَ الصُّبْحُ بِقَرِيْبٍ
Mereka (para malaikat) berkata, “Wahai Lut! Sesungguhnya kami adalah para utusan Tuhanmu, mereka tidak akan dapat mengganggu kamu, sebab itu pergilah beserta keluargamu pada akhir malam dan jangan ada seorang pun di antara kamu yang menoleh ke belakang, kecuali istrimu. Sesungguhnya dia (juga) akan ditimpa (siksaan) yang menimpa mereka. Sesungguhnya saat terjadinya siksaan bagi mereka itu pada waktu subuh. Bukankah subuh itu sudah dekat?”

(QS. Hud ayat 81)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement