Jumat 15 Apr 2022 21:52 WIB

Sunscreen Terbaik: Spektrum Luas, Cocok dengan Iklim, dan Nyaman Dipakai

Sunscreen yang dibeli juga harus nyaman dirasa oleh pemakainya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Penggunaan tabir surya (Ilustrasi). Sunscreen terbaik bukan saja harus spektrumnya luas, tetapi juga harus nyaman untuk dipakai.
Foto: PxHere
Penggunaan tabir surya (Ilustrasi). Sunscreen terbaik bukan saja harus spektrumnya luas, tetapi juga harus nyaman untuk dipakai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Banyak orang memilih tabir surya atau (sunscreen) dengan mengutamakan spektrum luas, yakni kandungan PA untuk menangkal UVA dan SPF untuk melindungi dari UVB. Sebetulnya, bagaimana memilih sunscreen yang benar?

Ahli dermatologi Claudia Christin menjelaskan bahwa Asosiasi Dermatologi menganjurkan sunscreen memiliki minimal SPF 30 dengan PA++++. Selain itu, pengalaman pribadi juga harus menjadi pertimbangan utama, selain label produk.

Baca Juga

"Kita lihat juga dari teksturnya yang nyaman di kulit, dan yang membuat kita mau aplikasikan setiap hari," kata Claudia dalam acara Soiree with Anessa: The Launch of Anessa Renewal di The Moon at Hotel Monopoli, Jakarta Selatan, dikutip Jumat (15/4).

Claudia menjelaskan bahwa percuma produk tabir surya memiliki kandungan SPF dan PA tinggi jika tidak membuat nyaman. Keadaan itu justru membuat seseorang enggan mengaplikasikan setiap hari.

Apakah tekstur penting dalam memilih sunscreen? Claudia menjelaskan seseorang harus memilih sunscreen yang nyaman dan sesuai dengan iklim Indonesia.

"Karena di sini lembap, pastinya teksturnya yang nyaman ialah yang lebih cepat menyerap dan tak lengket," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement