Ahad 17 Apr 2022 05:21 WIB

LaunchGood, Platform Crowdfunding Muslim AS yang Bantu Jutaan Orang di Dunia

LaunchGood jadi tuan rumah untuk 40 ribu kampanye penggalangan dana di 150 negara.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
The Muslim House, masjid sekaligus tempat berkumpul komunitas Muslim di Flint, Michigan, Amerika Serikat (AS). LaunchGood, Platform Crowdfunding Muslim AS yang Bantu Jutaan Orang di Dunia
Foto: Flint Beat/Santiago Ochoa
The Muslim House, masjid sekaligus tempat berkumpul komunitas Muslim di Flint, Michigan, Amerika Serikat (AS). LaunchGood, Platform Crowdfunding Muslim AS yang Bantu Jutaan Orang di Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, DETROIT -- LaunchGood, platform crowdfunding terbesar di dunia untuk para Muslim, telah membantu ribuan kampanye penggalangan dana. Langkah pertama LaunchGood yaitu pada 2013 mengumpulkan beberapa dolar untuk memasang ring basket di sebuah masjid di Detroit, Michigan. Ini langkah pertama sekaligus sederhana untuk mengumpulkan dana bagi sekelompok anak-anak.

Sejak itulah, platform tersebut telah menjadi tuan rumah untuk lebih dari 40 ribu kampanye penggalangan dana di 150 negara. Termasuk membantu mengumpulkan lebih dari 300 juta dolar AS untuk berbagai tujuan, mulai dari membantu pengungsi Muslim Rohingya hingga mengatur makanan untuk anak-anak Yaman. Ramadhan ini, yang dimulai pada awal April, LaunchGood mencapai tonggak pendaftaran satu juta donatur sejak mulai beroperasi.

Baca Juga

CEO LaunchGood Chris Abdur-Rahman Blauvelt mengatakan para pendiri perusahaan memiliki niat yang sederhana dan jelas. Hal ini untuk memasuki komunitas Muslim global yang ingin berbuat baik.

"Umat Muslim sangat luar biasa murah hati. Kami ingin menciptakan ruang bagi orang-orang untuk menceritakan kisah mereka dan menginspirasi perubahan nyata untuk masa depan yang lebih baik. Jika Anda melihat situs web kami, LaunchGood seperti buku cerita tentang semua Muslim yang dilakukan di dunia," katanya, seperti dilansir TRT World, Sabtu (16/4/2022).

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ide dan niat baik saja tidak cukup bagi perusahaan untuk bertahan, terutama jika itu adalah startup di lingkungan yang kejam. Pada 2013, LaunchGood adalah salah satu dari 100 perusahaan bagian dari program akselerator bisnis di Detroit. Ini adalah satu-satunya startup di antara mereka yang masih beroperasi sampai sekarang. Bahkan perusahaan yang menjalankan program akselerator akhirnya gulung tikar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement