Sabtu 16 Apr 2022 21:21 WIB

Pelatih Baru PSM Bawa Rombongan Staf Anyar, Bagaimana Nasib Asisten Pelatih Lama?

PSM tak serta merta mendepak mereka.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Arema FC Dedik Setiawan (kiri) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Manda Cingi (kanan) pada pertandingan Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (30/3/2022). Arema FC menang atas PSM Makassar dengan skor 1-0.
Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo
Pesepak bola Arema FC Dedik Setiawan (kiri) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Manda Cingi (kanan) pada pertandingan Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (30/3/2022). Arema FC menang atas PSM Makassar dengan skor 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PSM Makassar resmi merekrut pelatih asal Portugal, Bernando Tavares untuk musim depan. Bernando membawa jajaran pelatih sendiri untuk memimpin PSM. 

Untuk itu, jajaran kepelatihan musim lalu pun diungsikan. CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin mengakui akan mengangkat kualitas jajaran kepelatihan dengan mengikutsertakan kursus kepelatihan. 

Baca Juga

"Pelatih kemungkinan datang dengan dua asisten," kata Munafri dalam laman Liga Indonesia Baru, dikutip pada Sabtu (16/4/2022).

Syamsudin Batolla, Bahar Muharram, Syafril Usman, dan Wawan Dermawan pun akan menangani tim kelompok usia dan mengikuti kursus. Munafri pun mengelak jika itu bukan pembersihan jajaran pelatih. 

"Asisten pelatih bukan dibersihkan, tetapi akan diberikan pengalaman menjadi pelatih kepala di jenjang usia yang sudah ada," kata Munafri. 

"Mereka juga akan sekolah kembali untuk menambah pengetahuannya. Syamsuddin Batolla ke lisensi A Pro, Bahar dan Syafril ke lisensi A," kata Munafri.

Bernando Tavares menggantikan posisi Joop Gall yang kontraknya tidak dilanjutkan oleh klub. Sebagai persiapan membawa tim bermain di Piala AFC, Bernando telah berpengalaman di berbagai negara.

Sebut saja di klub Finlandia, Helsinki IFK dan klub India, Churchill Brothers FC. Dia pun sempat merasakan juara di Maldives Premier League, Premier League Macao dan, Goa Profesional League India.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
سَيَقُوْلُوْنَ ثَلٰثَةٌ رَّابِعُهُمْ كَلْبُهُمْۚ وَيَقُوْلُوْنَ خَمْسَةٌ سَادِسُهُمْ كَلْبُهُمْ رَجْمًاۢ بِالْغَيْبِۚ وَيَقُوْلُوْنَ سَبْعَةٌ وَّثَامِنُهُمْ كَلْبُهُمْ ۗقُلْ رَّبِّيْٓ اَعْلَمُ بِعِدَّتِهِمْ مَّا يَعْلَمُهُمْ اِلَّا قَلِيْلٌ ەۗ فَلَا تُمَارِ فِيْهِمْ اِلَّا مِرَاۤءً ظَاهِرًا ۖوَّلَا تَسْتَفْتِ فِيْهِمْ مِّنْهُمْ اَحَدًا ࣖ
Nanti (ada orang yang akan) mengatakan, ”(Jumlah mereka) tiga (orang), yang ke empat adalah anjingnya,” dan (yang lain) mengatakan, “(Jumlah mereka) lima (orang), yang ke enam adalah anjingnya,” sebagai terkaan terhadap yang gaib; dan (yang lain lagi) mengatakan, “(Jumlah mereka) tujuh (orang), yang ke delapan adalah anjingnya.” Katakanlah (Muhammad), “Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit.” Karena itu janganlah engkau (Muhammad) berbantah tentang hal mereka, kecuali perbantahan lahir saja dan jangan engkau menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada siapa pun.

(QS. Al-Kahf ayat 22)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement