Ahad 17 Apr 2022 16:54 WIB

Mau Mudik Lebaran, Ini yang Perlu Diketahui Pemilik Kendaraan Daihatsu

Diperkirkan minat mudik lebaran tahun ini akan lebih tinggi dari dua tahun sebelumnya

Red: Hiru Muhammad
Kehadiran layanan bengkel siaga mutlak diperlukan guna memudahkan masyarakat yang mengalami kesulitan pada kendaraan saat melakukan perjalanan mudik lebaran.
Foto: istimewa
Kehadiran layanan bengkel siaga mutlak diperlukan guna memudahkan masyarakat yang mengalami kesulitan pada kendaraan saat melakukan perjalanan mudik lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Kondisi pasar otomotif nasional terus membaik, didukung kebijakan Relaksasi PPnBM DTP dan program vaksinasi massal. Hingga Kuartal I 2022, pasar otomotif nasional mencatatkan penjualan ritel lebih dari 238 ribu unit, atau naik sebesar 33,6 persen dibandingkan periode yang sama Kuartal I tahun 2021 lalu sekitar 178 ribu unit. Capaian ini juga menandakan bahwa penjualan otomotif semakin mendekati ke level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19.

Selain itu, datangnya musim libur lebaran telah mendorong animo masyarakat untuk melakukan mudik lebaran. Diperkirkan minat mudik lebaran tahun ini akan lebih tinggi dari dua tahun sebelumnya. Untuk mengantisipasi hal itu pemerintah telah melakukan sejumlah persiapan, termasuk antisipasi kepadatan lalu lintas kendaraan masyarakat yang tidak mudik akibat pandemi. Di sisi lain keringanan biaya penjualan pajak kendaraan yang digulirkan pemerintah sejak Maret tahun lalu, telah mendorong animo masyarakat untuk membeli kendaraan baru yang akan digunakan untuk mudik lebaran.

Baca Juga

Untuk itu, kehadiran layanan bengkel siaga mutlak diperlukan guna memudahkan masyarakat yang mengalami kesulitan pada kendaraan saat melakukan perjalanan mudik lebaran. Salah satunya seperti yang dilakukan PT Astra Daihatsu Motor yang menyiapkan 65 Bengkel Siaga yang tersebar di seluruh Indonesia. Konsumen juga mendapatkan promo Diskon Jasa 25 persen, Diskon suku cadang hingga 10 persen dan fasilitas lainnya. "Kami ingin konsumen nyaman dan aman dengan kondisi mobil yang prima," kata Ratno Yunanto, Servic Departement Head PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) beberapa waktu lalu.

Menurutnya, ke-65 bengke siaga itu akan tersebar di sejumlah wilayah. Seperti 17 bengkel di DKI Jakarta, 7 di Jawa Barat, 10 di Jawa tengah, 5 bengkel di Jawa Timur, 2 di Bali. Di Pulai sumatera terdapat 10 bengkel siaga, di Bali 2 bengkel, 9 bengkel di Sulawesi dan sisanya di tempat lain di wilayah timur Indonesia. Dalam program Mudik Sehat ala Daihatsu ini, pelanggan bisa mendapatkan alat tes Antigen secara gratis pada 28 April 2022 di 17 bengkel resmi Daihatsu di Jakarta dan sekitarnya.

Kondisi pasar otomotif nasional terus membaik, didukung kebijakan Relaksasi PPnBM DTP. Hingga Kuartal I 2022, pasar otomotif nasional mencatatkan penjualan ritel lebih dari 238 ribu unit, atau naik sebesar 33,6 persen dibandingkan periode yang sama Kuartal I tahun 2021 lalu sekitar 178 ribu unit. Capaian ini juga menandakan bahwa penjualan otomotif semakin mendekati ke level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19.

Secara brand, penjualan ritel Daihatsu hingga Kuartal I 2022 berada di posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional dengan raihan sekitar 46 ribu unit dengan kenaikan market share Daihatsu menjadi 19,7 persen, atau naik sebesar 2,7 persen dibandingkan periode yang sama Kuartal I tahun 2021 lalu sebanyak 30 ribu unit dengan market share 17 persen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement