Senin 18 Apr 2022 05:28 WIB

KPU RI Segera Bahas Pergantian Anggota KPU Provinsi

Tiga provinsi, yakni KPU Sulawesi Tengah, KPU Jawa Tengah, dan KPU DKI Jakarta.

Red: Ratna Puspita
Ilustrasi. Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Betty Epsilon Idroos mengatakan. lembaganya segera membahas pergantian antarwaktu (PAW) sejumlah anggota KPU provinsi di Indonesia.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Ilustrasi. Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Betty Epsilon Idroos mengatakan. lembaganya segera membahas pergantian antarwaktu (PAW) sejumlah anggota KPU provinsi di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Betty Epsilon Idroos mengatakan. lembaganya segera membahas pergantian antarwaktu (PAW) sejumlah anggota KPU provinsi di Indonesia. Betty mengatakan, ada tiga daerah yang akan dibahas di rapat pleno pada Senin (18/4/2022) hari ini.

Betty yang juga Koordinator Data dan Informasi KPU menjelaskan tiga daerah yang dibahas, yakni KPU Sulawesi Tengah, KPU Jawa Tengah, dan KPU DKI Jakarta. Persiapan PAW itu akan dibahas dalam rapat pleno pascapenetapan ketua KPU RI, ketua dan wakil ketua divisi serta koordinator dan wakil koordinator wilayah.

Baca Juga

"Setelah dibahas di pleno, kami akan cek kembali dari teman-teman KPU daerah, apakah ada informasi awal dari para calon PAW itu," kata Betty dihubungi di Jakarta, Ahad (17/4/2022).

Selanjutnya para calon PAW akan dipanggil untuk dilakukan klarifikasi. Jika nantinya ditemukan laporan atau temuan, KPU RI akan melakukan verifikasi faktual di daerah masing-masing. "Misalnya, dalam empat tahun terakhir, ada calon PAW yang sudah menjadi calon legislatif di pileg. Kami akan verifikasi lagi ke partai politik yang bersangkutan," jelas Betty.

Betty berharap agar proses PAW itu cepat diselesaikan, mengingat semakin dekatnya tahapan Pemilu dan Pilkada 2024. KPU Provinsi Sulawesi Tengah mengalami kekosongan satu anggota setelah Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming wafat beberapa waktu lalu. 

Sementara untuk KPU DKI Jakarta juga mengalami kekosongan satu anggota setelah Betty selaku ketua dilantik menjadi anggota KPU RI. Hal yang sama juga terjadi untuk KPU Jawa Tengah mengalami kekosongan satu anggota setelah Ketua KPU Yulianto Sudrajat dilantik menjadi anggota KPU RI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement