Selasa 19 Apr 2022 10:31 WIB

AS tak Lagi Wajibkan Masker di Transportasi Umum

Keputusan hakim federal mencabut kewajiban masker terjadi saat kasus Covid-19 naik

Red: Nur Aini
Masker (ilustrasi). Pemerintahan Biden tidak akan lagi mewajibkan masker dipakai di transportasi umum.
Foto: www.freepik.com
Masker (ilustrasi). Pemerintahan Biden tidak akan lagi mewajibkan masker dipakai di transportasi umum.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pemerintahan Biden tidak akan lagi mewajibkan masker dipakai di transportasi umum. Hal itu setelah seorang hakim federal di Florida pada Senin (18/4/2022) memutuskan bahwa kebijakan yang berusia 14 bulan itu melanggar hukum.

Keputusan hakim itu sekaligus membuyarkan upaya utama Gedung Putih untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Segera setelah pengumuman itu, semua maskapai besar termasuk American Airlines, United Airlines dan Delta Air Lines, serta jalur kereta nasional Amtrak melonggarkan pembatasan yang berlaku segera.

Baca Juga

Pekan lalu, pejabat kesehatan AS telah memperpanjang mandat hingga 3 Mei yang mewajibkan para pelancong untuk mengenakan masker di pesawat terbang, kereta api, dan di taksi, kendaraan berbagi tumpangan atau pusat transit, dengan mengatakan mereka perlu waktu untuk menilai dampak dari peningkatan kasus Covid-19 baru-baru ini yang disebabkan virus corona yang menginfeksi lewat udara.

Kelompok industri dan anggota parlemen dari Partai Republik menolak keras dan ingin pemerintah mengakhiri mandat masker berusia 14 bulan itu secara permanen. Putusan oleh Hakim Distrik AS Kathryn Kimball Mizelle, yang ditunjuk Presiden Donald Trump, keluar atas gugatan yang diajukan tahun lalu di Tampa, Florida, oleh sebuah kelompok yang disebut Health Freedom Defense Fund.

Keputusan itu mengikuti serangkaian keputusan terhadap arahan pemerintahan Biden untuk memerangi penyakit menular yang telah menewaskan hampir satu juta orang Amerika, termasuk perintah wajib vaksin atau tes untuk perusahaan. Hakim Mizelle mengatakan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS telah melampaui wewenangnya dengan mandat itu, tidak meminta komentar publik dan tidak menjelaskan keputusannya secara memadai.

Badan Keamanan Transportasi mengatakan akan membatalkan Arahan Keamanan baru itu yang dijadwalkan mulai berlaku pada hari Selasa. Keputusan itu muncul ketika infeksi Covid-19 meningkat lagi di Amerika Serikat, dengan rata-rata 36.251 infeksi baru dilaporkan setiap hari, dan 460 kematian setiap hari, berdasarkan rata-rata tujuh hari - jumlah tertinggi dari total kematian Covid-19 di dunia. Gedung Putih menyebut keputusan itu "mengecewakan".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement