Kampanye Amal Ramadhan Arab Saudi Kumpulkan Rp 6,8 Triliun dalam Sembilan Hari

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 19 Apr 2022 19:00 WIB

Kampanye Amal Ramadhan Arab Saudi Kumpulkan Rp 6,8 Triliun dalam Sembilan Hari. Foto: Ratusan Jamaah haji bertawaf mengelilingi Kabah dengan menjaga jarak sosial  di Masjidil Haram di kota suci Muslim Mekah, Arab Saudi, Rabu (29/7/2020). Foto: AP Kampanye Amal Ramadhan Arab Saudi Kumpulkan Rp 6,8 Triliun dalam Sembilan Hari. Foto: Ratusan Jamaah haji bertawaf mengelilingi Kabah dengan menjaga jarak sosial di Masjidil Haram di kota suci Muslim Mekah, Arab Saudi, Rabu (29/7/2020).

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH -- Kampanye nasional untuk pekerjaan amal Kerajaan Saudi telah menerima donasi lebih dari 1,8 miliar riyal Saudi atau senilai Rp 6,8 triliun pada hari kesembilan peluncurannya. Kampanye ini diresmikan dengan sumbangan 30 juta riyal dari Raja Salman dan sumbangan 20 juta dolar AS dari Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Kegiatan tersebut dijalankan melalui platform Ehsan, yang dikembangkan oleh Otoritas Data dan Kecerdasan Buatan Saudi, untuk mempromosikan pemberian amal di negara tersebut.

Baca Juga

Sejauh ini, kampanye Ramadhan tahun ini mengumpulkan 1.841.137.724 riyal Saudi, yang akan diberikan kepada orang-orang yang menghadapi kesulitan keuangan, termasuk anak yatim, orang sakit dan orang tua.

Dilansir di Arab News, Selasa (19/4), selama kampanye Ramadhan pertama tahun lalu, raja dan putra mahkota memberikan banyak sumbangan melalui Ehsan, yang mendorong total dana platform melewati angka 1 miliar riyal Saudi atau senilai Rp 3,8 triliun.

Diluncurkan pada 2021, Ehsan bertujuan untuk mempromosikan nilai-nilai pekerjaan amal di masyarakat Saudi dan mengembangkan sektor nirlaba negara. Cara yang dilakukan dengan meningkatkan efisiensi dan keandalannya, mendorong donasi melalui transparansi kegiatan amal dan pembangunan, serta bekerja dengan berbagai lembaga dan sektor pemerintah.

Platform tersebut telah dikembangkan, dengan tujuan agar mudah diakses oleh orang-orang yang tinggal di Kerajaan dan memungkinkan mereka menyumbang untuk berbagai tujuan.

Salah satunya, memberikan keranjang makanan kepada keluarga yang membutuhkan, memberikan perawatan bagi orang tua, membantu pasien medis, menutupi biaya pendidikan dan perlengkapan untuk anak yatim, serta mengikuti kemajuan kontribusi mereka dengan cara yang aman secara digital.

Ehsan dipantau oleh komite dari 11 lembaga pemerintah dan komite Syariah yang diketuai oleh Syekh Abdullah Al-Mutlaq. Platform ini menerima donasi dari individu, perusahaan dan bank, melalui situs web dan aplikasi, serta SMS. 

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2065091/saudi-arabia