Selasa 19 Apr 2022 22:23 WIB

Jokowi: Nuzulul Quran Momentum Perkuat Kebersamaan dalam Keragaman

Peringatan Nuzulul Quran merupakan salah satu keistimewaan bulan Ramadan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo.
Foto: ANTARA FOTO/HO/Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak umat Islam di Indonesia agar menjadikan peringatan Nuzulul Qur’an sebagai momentum untuk memperkuat kebersamaan dalam keragaman. Hal ini disampaikan Jokowi dalam sambutannya secara virtual pada acara peringatan Nuzulul Qur'an tingkat kenegaraan 1443 H, yang ditayangkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (19/4/2022).

“Saya mengajak umat Islam untuk menjadikan peringatan Nuzulul Qur’an ini sebagai momentum untuk memperkuat kebersamaan dalam keragaman yang sangat dibutuhkan dalam mewujudkan negeri dan bangsa yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur,” ujar Jokowi.

Baca Juga

Jokowi mengatakan, peringatan Nuzulul Qur'an merupakan salah satu keistimewaan bulan Ramadan sehingga umat Islam dapat mengingat diturunkannya Alquran kitab suci umat Islam yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi hidup dan kehidupan manusia.

“Alquran merupakan mukjizat dari Allah SWT yang tidak ada keraguan di dalamnya. Alquran adalah petunjuk dan pembeda antara yang hak dan yang batil. Sebagai peringatan, sebagai rahmat, sebagai penjelas, sebagai berita gembira, dan bahkan sebagai obat bagi hati yang sedang duka dan sakit,” kata dia.

Sebagai bangsa yang berketuhanan, Jokowi menilai masyarakat Indonesia dituntut untuk percaya dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, konsekuensi dari beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah harus menerima dengan lapang dada bahwa keberagaman di Indonesia merupakan kehendak Allah Swt.

“Alquran menegaskan bahwa keanekaragaman yang terjadi pada berbagai makhluk Tuhan pada hakikatnya merupakan sunnatullah, sebuah ketetapan Allah Swt, sebuah skenario Allah Swt,” ucap Jokowi.

Karena itu, ia pun menekankan pentingnya menjaga, merawat, dan mengelola dengan baik keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia sebagai anugerah dari Allah Swt. Menurut dia, setiap elemen bangsa yang beraneka ragam diyakini memiliki kebaikan dan kelebihan masing-masing yang harus dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.

“Jangan sampai ada di antara kita yang merasa lebih dari yang lain, merasa lebih baik dari yang lain, atau bahkan lebih suci dari yang lain. Kita mungkin berbeda dari yang lain, tapi bukan berarti kita merasa lebih dari yang lain,” ucap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement