Rabu 20 Apr 2022 04:30 WIB

Apa yang Terjadi Ketika Anda Selesai Membaca Alquran?

Perkuat hubungan Anda dengan Alquran berdoa dengan nama-Nya.

Rep: udang bago/ Red: Partner
Membaca Alquran
Membaca Alquran

Masyarakat yang terdiri dari emak-emak, bapak-bapak serta pemuda dan pemudi di Kota Bandung membaca<a href= Alquran 30 juz serentak on the road di Jalan Ir. H. Djuanda, Selasa (19/4/2022). Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk syiar di bulan puasa Ramadhan. - (Republika/M Fauzi Ridwan)" />
Masyarakat yang terdiri dari emak-emak, bapak-bapak serta pemuda dan pemudi di Kota Bandung membaca Alquran 30 juz serentak on the road di Jalan Ir. H. Djuanda, Selasa (19/4/2022). Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk syiar di bulan puasa Ramadhan. - (Republika/M Fauzi Ridwan)

Saat kita semakin dekat dengan akhir Ramadhan, kita semakin dekat dengan waktu ketika banyak orang akan melakukan apa yang disebut Khatm Alquran, yaitu menyelesaikan pembacaan kitab Allah secara lengkap.

Dikutip dari aboutislam.net, Selasa (19/4/2022), berbagai riwayat menunjukkan bahwa ketika Quran selesai, rahmat turun, doa-doa orang diterima dan ribuan malaikat hadir yang mengatakan 'Aamiin' untuk permohonan yang dibuat saat ini.

Kita tahu dari masyarakat awal bahwa mereka biasa berkumpul bersama anak-anak dan keluarga ketika mereka akan membaca Alquran secara lengkap. Mereka akan melakukan ini karena sering kali dianggap sebagai waktu di mana doa-doa diterima.

Tetapi, itu juga mengajarkan kita pentingnya memiliki hubungan dengan Alquran. Ini adalah bulan dimana kita harus menghidupkan kembali hubungan kita dengan kitab Allah.

Salah satu indikasi dalam melakukan itu, tesis para ulama dianggap baik, adalah bahwa setelah kita selesai membaca Al-Qur'an secara lengkap, kita segera masuk ke surat pertama (Al-Fatihah) dan membaca bagian pertama surat Al-Baqarah untuk memilikinya. Apa yang harus optimis, maka kita bisa menindaklanjuti dan membaca Alquran.

Perkuat hubungan Anda dengan Alquran

berdoa dengan nama-Nya

Tetapi inti dari membaca Alquran di bulan Ramadhan, bukan hanya untuk membacanya di bulan Ramadhan dan tidak memiliki hubungan itu di luar Ramadhan; itu untuk membangun kembali koneksi itu; itu untuk memberi kita hubungan yang dihidupkan kembali dengan Alquran sehingga kita dapat melanjutkan ini setelah Ramadhan.

Dan ini adalah sesuatu yang kami harapkan agar kita semua secara teratur melakukan khatm Alquran. Bahkan jika kita adalah pembaca yang paling lambat, mari kita membuat tujuan untuk melakukan satu khatm setahun.

Jika Anda sedikit lebih cepat, mari kita membuat tujuan untuk melakukan dua khatma setahun. Jika Anda sedikit lebih cepat, mari kita memiliki niat yang lebih tinggi.

Bagi yang bisa membaca cukup cepat, mari kita niatkan untuk menyelesaikan Alquran setiap dua bulan, atau bahkan setiap bulan. Dan mereka yang membaca lebih cepat, mungkin mereka akan menyelesaikan Alquran beberapa kali dalam satu bulan. Ini kemudian akan menghidupkan hubungan kita dengan kitab Allah.

Kami berharap ide khatm ini menyebar di tingkat komunitas lokal kami di mana pun kami mempraktikkan Islam sehingga kami kemudian dapat mengalami berkah dan rahmat yang datang dengan kitab Allah, terhubung kembali dengan pidato abadi Tuhan kita.

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=mGHZau9Nrp0

https://aboutislam.net/spirituality/what-happens-when-you-complete-reading-quran/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement