Kamis 21 Apr 2022 05:33 WIB

Pangdam Siliwangi Napak Tilas Kerajaan Galuh di Ciamis

Perubahan nama dari Kabupaten Galuh menjadi Kabupaten Ciamis terjadi pada 1915.

Rep: bayu adji p/ Red: Hiru Muhammad
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, melakukan napak tilas Kerajaan Galuh di situ cagar budaya Karangkamulyan, Kabupaten Ciamis, Rabu (20/4/2022). Dok.
Foto: Dok. Diskominfo Kota Batu
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, melakukan napak tilas Kerajaan Galuh di situ cagar budaya Karangkamulyan, Kabupaten Ciamis, Rabu (20/4/2022). Dok.

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS--Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo melakukan napak tilas Kerajaan Galuh di Kabupaten Ciamis, Rabu (20/4/2022). Napak tilas itu dilakukan di situs Cagar Budaya Karangkamulyan, Kecamatan Cijeunjing, Kabupaten Ciamis.

Dalam melakukan napak tilas, Pangdam Siliwangi ditemani oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra. Yana mengatakan, Kerajaan Galuh merupakan cikal bakal dari Kabupaten Ciamis. "Kabupaten Ciamis dulunya bernama Kabupaten Galuh," kata dia.

Baca Juga

Ia menambahkan, perubahan nama dari Kabupaten Galuh menjadi Kabupaten Ciamis terjadi pada 1915. Perubahan nama itu diresmikan oleh Tumenggung Sastrawinata."Pada 1915 Tumenggung Sastrawinata secara resmi mengubah nama Kabupaten Galuh menjadi Kabupaten Ciamis dan sampai sekarang," kata dia.

Sementara itu, Pangdam Siliwangi mengatakan, maksud dan tujuan kedatanganya tersebut selain untuk bersilaturahmi dengan pemerintah dan masyarakat Ciamis juga untuk napak tilas kepada para leluhur. Ia berharap, dengan kegiatan napak tilas itu, nilai-nilai baik yang terkandung dalam Kerajaan Galuh dapat diterapkan pada kehidupan saat ini."Harapan dari napak tilas ini, mari kita sama-sama menata kembali tata krama yang beradab sebagai warisan leluhur kita," kata Kunto

Dalam kesempatan tersebut Pangdam Siliwangi beserta seluruh jajaran dan tamu undangan melakukan nyekar atau tabur bunga di petilasan pangcalikan atau singgasana raja. Napak tilas tersebut merupakan bagian dari rangkaian kunjungan Kerja Pangdam Siliwangi di Kabupaten Ciamis. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement