Syiar Ramadhan di Kampus UI, Pameran Kaligrafi hingga Seni Baca Alquran

Rep: Rusydi Nurdiansyh / Red: Nashih Nashrullah

Jumat 22 Apr 2022 22:23 WIB

Masjid UI Depok, Masjid di Kampus UI Depok (Ilustrasi). Beragam kegiatan bernuansa religi semarakkan kampus UI Foto: Republika/ Musiron Masjid UI Depok, Masjid di Kampus UI Depok (Ilustrasi). Beragam kegiatan bernuansa religi semarakkan kampus UI

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK— Semarakkan bulan suci Ramadhan 1443 H, Kampus Depok Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan “Syiar Ramadan Kampus UI.” 

Ada berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam event tersebu, antara lain workshop kaligrafi dan seni baca Alquran yang berlangsung di Masjid Ukhuwah Islamiyah Kampus UI Depok pada 18-21 April 2022. 

Baca Juga

Kegiatan yang digelar yakni Pameran Kaligrafi, Sarasehan Budaya dan Festival Seni Ramadhan (22-24 April 2021) di Makara Art Center  UI (MAC UI). 

Event ini diselenggarakan MAC UI bekerjasama dengan Direktorat Kemahasiswaan, Masjid Ukhuwah Islamiyah Kampus UI Depok, Asrama Mahasiswa UI, dan didukung oleh para musisi nasional yang tergabung dalam KOMUJI (Komunitas Musisi Ngaji) dan Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya (PPKB) FIB UI.  

Menurut, Kepala MAC UI, Dr Ngatawi Al-Zastrouw, event ini merupakan upaya membangun ekosistem kebudayaan di lingkungan civitas akademika UI. 

"Kita perlu menciptakan ruang perjumpaan dari berbagai perbedaan yang dapat menciptakan kebahagiaan bersama agar tercipta saling pengertian. Bulan Ramadhan adalah momentum yang tepat untuk menciptakan ruang perjumpaan tersebut. Melalui event Syiar Ramadan Kampus UI kami berharap upaya tersebut dapat tercapai," ujar Al-Zastrouw dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (22/4/2022). 

Selain itu, event ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan soft skill mahasiswa di bidang seni budaya. Dalam event tersebut, para mahasiswa dan sivitas akademika dapat bertemu dan belajar dengan para ahli yang mumpuni di bidangnya dan praktisi dari luar kampus UI.  

"Event ini merupakan bagian dari penerapan konsep merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Para expert dan praktisi dari luar yang datang ke kampus UI dan memberikan pelatihan juga berdiskusi dengan para mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan soft skill mahasiswa, sehingga dengan demikian dapat mendorong reputasi dan pemeringkatan kampus UI," tuturnya.  

Direktur Kemahasiswaan UI, Badrul Munir PhD, menambahkan sarasehan budaya yang diselenggarakan pada 23 April 2022 membahas tema “Seni Religi di Era Digital”,  menghadirkan pembicara Dr Endah Triastuti (Dosen Komunikasi Fisip UI), Qaris Tajudin (redaktur senior Tempo dan Direktur Tempo Institute), dan Susy Iffaty (aktivis media dan PP Lesbumi NU).  

"Dalam kegiatan Festival Seni Ramadhan ditampilkan berbagai seni pertunjukan tradisional maupun kontemporer, diantaranya seni karinding dan cigawira, hadrah, gambus, kolintang, gamelan dan musik kontemporer,” kata dia.  

Para pengisi acara yang hadir di antaranya para artis Komuji, Kikan & Hanum, Panji Sakti, Budi Cilok, Gambus Ar-Romania,   komunitas Adat Garut dan para seniman dari SKSG UI, FIB dan UKM UI.  

Festival Seni Ramadhan ini dibuka oleh Wakil Rektor I UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Abdul Haris, pada Jumat 22 April 2022, pukul 15.30 WIB di MAC UI dan disiarkan secara streaming melalui platform youtube, FB dan IG MAC UI.  

 

Terpopuler