Infografis Enam Waktu Membayar Fidyah

Red: Muhammad Hafil

Ahad 24 Apr 2022 05:00 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, Infografis Enam Waktu Membayar Fidyah

 

 Terdapat beberapa kriteria orang yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa, dan mereka menggantinya dengan membayar fidyah. Dalam Catatan Faedah Fikih Puasa dan Zakat Kitab Safinatun Naja oleh Muhammad Abduh Tuasikal, Fidyah itu berupa makanan pokok yang umum di masyarakat seukuran satu mud. Adapun Satu mud berukuran sekitar tujuh ons.

Waktu pembayaran fidyah:

1.  Pada hari itu juga ketika dia tidak melaksanakan puasa atau diakhirkan sampai hari terakhir bulan Ramadhan.

2. Para ulama berbeda pendapat tentang masalah bolehkah mempercepat pembayaran fidyah ataukah tidak untuk yang sudah tua renta atau yang menderita sakit menahun yang sulit diharapkan sembuhnya. Tentang hal ini Imam Nawawi  menyatakan ulama madzhab Syafii menyatakan tidak bolehnya mempercepat pembayaran fidyah sebelum masuk Ramadhan. 

3. Adapun mempercepat pembayaran fidyah setelah terbit fajar Shubuh setiap harinya dibolehkan. 

4. Mempercepat pembayaran fidyah sebelum masuk fajar Shubuh di bulan Ramadhan juga masih diperbolehkan. Pendapat ini dipilih oleh Ad-Darimi kata Imam Nawawi. 

5. Tidak masalah memajukan fidyah untuk satu hari saja, tidak untuk dua hari atau lebih. Inilah pendapat madzhab Syafii. 

6. Waktu akhir penunaian fidyah tidak dibatasi. Fidyah tidak mesti ditunaikan pada bulan Ramadhan, bisa pula ditunaikan bakda Ramadhan. Ayat yang mensyariatkan fidyah (QS. Al-Baqarah: 184) tidaklah menetapkan waktu tertentu sebagai batasan. Fidyah ditunaikan sesuai kelapangan, walau ditunda beberapa tahun.

Pengolah: Rossi Handayani/Hafil, Ilustrator:

 

 

Terpopuler