Advertisement
Advertisement

In Picture: Mentan Sidak 12 Komoditas Pokok di Pasar Kelapa Dua Tangerang

Senin 25 Apr 2022 00:23 WIB

Red: Yogi Ardhi

Sidak untuk memantau ketersediaan bahan pangan pokok selama Ramadhan dan Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG --  Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo didampingi  Ketua Kadin DKI Jakarta, Diana Dewi melakukan inspeksi ke Pasar Kelapa Dua Tangerang, Banten, Ahad (24/4/2022). Sidak tersebut dilakukan untuk memantau ketersediaan bahan pangan pokok selama puasa Ramadhan dan menjelang Lebaran.

“Kami melakukan pantauan langsung ke pasar di 34 propinsi dan 514 kabupaten/kota sesuai arahan Bapak Presiden untuk memastikan stok 12 komoditas pangan pokok tersedia. Dan, hari ini kami ada di pasar Kelapa Dua," ungkap Mentan.

Menurut Mentan, selain pemantauan stok, Kementerian Pertanian juga menggelar Pasar Tani Ramadhan. Pasar ini digelar  untuk memudahkan dan mendekatkan  masyarakat mendapatkan kebutuhannya.

"Pasar Tani Ramadhan bukan seperti operasi pasar. Pasar Tani ini lebih memperkuat dengan bekerja sama TNI, para integrator agar supply dan demand bisa lebih rileks selama Ramadhan dan Idul Fitri nanti," katanya.

Lebih lanjut, Mentan mengungkapkan bahwa dari hasil pemantuan, ada daerah-daerah yang untuk komoditas tertentu memang mengalami kekurangan. Tapi hal itu, menurutnya bisa disupply dari daerah surplus terdekat.

"Transportasi dari sentra komoditas kita usahakan kita perkuat, kita perlancar. Daerah-daerah yang defisit, yang ada dalam zona merah maka kita dekatkan ke sana," imbuhnya.

Menyoal minyak goreng Mentan SYL menegaskan bahwa hal tersebut terus menjadi perhatian dan menjadi perhatian pemerintah.

"Dibawah koordinasi Pak Menko Perekonomian, Pak Airlangga, semua menteri terus ke lapangan memantau distribusi minyak goreng untuk sampai di lapangan. Dan 3-4 hari yang lalu, daerah-daerah dalam zona defisit seperti di Kalimantan dan Papua, minyak goreng sudah mulai terjangkau dengan baik ," pungkasnya.

Sumber : Dok Kementan
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Ikuti Berita Republika Lainnya