Demi Kelancaran Arus Lebaran, Pembangunan Tol Semarang-Demak Sementara Dihentikan

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi

Foto udara proyek pembangunan Jalan Tol Semarang - Demak seksi II di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Rabu (19/1/2022). Menurut data yang dihimpun PT PP selaku kontraktor pelaksana proyek jalan tol tersebut dengan skema Join Operation bersama PT Wika, progres pembangunan jalan Tol Semarang-Demak seksi II (Sayung-Demak) sepanjang 16,31 kilometer per 17 Januari 2022 telah mencapai sekitar 64 persen, dan ditargetkan selesai pada Oktober 2022 mendatang.
Foto udara proyek pembangunan Jalan Tol Semarang - Demak seksi II di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Rabu (19/1/2022). Menurut data yang dihimpun PT PP selaku kontraktor pelaksana proyek jalan tol tersebut dengan skema Join Operation bersama PT Wika, progres pembangunan jalan Tol Semarang-Demak seksi II (Sayung-Demak) sepanjang 16,31 kilometer per 17 Januari 2022 telah mencapai sekitar 64 persen, dan ditargetkan selesai pada Oktober 2022 mendatang. | Foto: ANTARA/Aji Styawan

REPUBLIKA.CO.ID, DEMAK -- Dukung kelancaraan arus lalu lintas selama masa mudik Lebaran 1443 Hijriyah, di wilayah Kabupaten Demak, Jawa Tengah, pelaksanaan proyek pembangunan jalan tol ruas Semarang-Demak bakal dihentikan sementara.

Terhitung mulai Selasa (26/4/2022) besok, PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak (PP Semarang Demak menghentikan Sementara seluruh pekerjaan pembangunan tol ruas Semarang- Demak.

Penghentian sementara proyek pekerjaan pembangunan jalan tol ruas Semarang-Demak ini akan berlangsung efektif sampai dengan 9 Mei 2022 mendatang.

Selain menghentikan aktivitas, sejumlah jalan alternatif desa yang selama ini digunakan untuk mendukung kegiatan proyek juga akan dibuka agar bisa dilalui para pemudik yang akan mengakses jalur alternatif.

"Sehingga, beberapa jalan alternatif desa yang selama ini kami gunakan untuk akses alat berat dapat digunakan masyarakat untuk mudik atau berbagai beraktivitas warga selama Lebaran," ungkap Asisten Humas PT PP Semarang Demak, Lucky Setyo Wibowo, Senin (25/4/2022).

Menurutnya, berhentinya aktivitas pengerjaan ini akan dilakukan baik yang ada di jalur pantura Semarang-Demak maupun yang ada di ujung seksi dua (Sayung-Demak) sepanjang 16,31 kilometer.

Selain itu, pelaksana proyek juga akan menutup area proyek yang berada di persimpangan Buyaran, Persimpangan Kadilangu serta beberapa titik proyek yang berada di jalur pantura Demak.

"Untuk di area proyek tol yang ada di Jalan Lingkar Demak, kami juga  sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Demak dan Dishub untuk memasang lampu penerangan jalan di lokasi," lanjutnya.

Hingga saat ini, masih jelas Lucky, proyek pembangunan jalan tol Semarang-Demak seksi dua telah mencapai 74 persen. Hal ini dikarenakan di beberapa titik masih terkendala oleh proses pengadaan lahan.

Ditargetkan, proyek pembangunan jalan tol Demak-Semarang seksi dua Sayung-Demak sudah dapat terselesaikan pada bulan Oktober 2022 mendatang. "Maka penghentian Sementara pekerjaan ini akan memperlancar aktivitas mudik maupun mobolitas warga selama Lebaran," katanya.

Terkait


Sambut Arus Mudik, Dua Ruas Tol Trans Sumatra Dioperasikan

Pedagang di Rest Area Jalan Tol Harap Bisa Mengais Rezeki Mudik Lebaran

Pengoperasian Jalan Tol Bengkulu untuk Mudik Tunggu Arahan Pusat

Jelang Mudik, Pembangunan Tol Pekanbaru-Bangkinang Capai 95 Persen

Penyelesaian Tol Semarang- Demak Diharapkan Sesuai Target

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark