Selasa 26 Apr 2022 12:21 WIB

Memperkokoh Pilar Kebangsaan untuk Pemuda ala Yosa Octora

Bangsa ini membutuhkan peran maksimal pemuda dalam menyelesaikan masalah negeri.

Red: Sandy Ferdiana
  Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Yosa Octora Santono S.Si M.M tengah menyampaikan pembekalan kepada para pemuda terkait Pilar Kebangsaan, belum lama ini.
Foto: Istimewa
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Yosa Octora Santono S.Si M.M tengah menyampaikan pembekalan kepada para pemuda terkait Pilar Kebangsaan, belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Beginilah untungnya jika memiliki wakil rakyat dari kalangan pemuda. Yosa Octora Santono S.Si M.M merupakan pemuda yang terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Daerah pemilihan (Dapil) Jabar XIII (Kabupaten Kuningan, Ciamis, Pangandaran, Kota Banjar).

Sebagai pemuda, Kang Yosa tidak pernah luput mengampanyekan isu kebangsaan kepada pemuda. Sosok yang dekat dengan masyarakat itu rutin menggelar Citra Bhakti dalam Sketsa Kebangsaan dengan topik ‘Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan’ kepada para Generasi Muda.

Dalam setiap kegiatan resesnya, Kang Yosa pasti menyelipkan agenda khusus dengan para pemuda. Kader Partai Demokrat itu kerap mengajak pemuda untuk lebih gencar berkontribusi kepada negeri. Saat ini, tegas dia, bangsa ini membutuhkan peran serta pemuda dalam menyelesaikan segala persoalannya.  

Legislator muda asal Kabupaten Kuningan ini menyampaikan, Pilar Kebangsaan merupakan instrumen pondasi bagi pemuda untuk mengukir prestasi dan kontribusi bagi negeri. Jika dijelaskan, ungkp Yosa, pilar adalah tiang penguat dan penyangga, serta dan pilar juga sebagai dasar. ‘’Tanpa pilar, maka bangsa ini akan runtuh,’’ ujarnya.  

Pilar Kebangsaan yang tidak boleh hilang dalam benak pemuda, yakni Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) sebagai Bentuk Negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara. Keempat pilar itulah yang membuat Indonesia sempurna sebagai negara yang kokoh.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement